Selasa, 03 Agustus 2010

Seskoau Lahirkan Kader Pemimpin Berkualitas

Senin, 02/08/2010 - 13:14

BANDUNG, (PRLM).- Sejak berdiri tahun 1963, lulusan Seskoau (Sekolah Staf Komando Angkatan Udara) telah memberi kontribusi berarti bagi perkembangan TNI AU, TNI, bangsa dan negara. Dari lembaga inilah, mengalir kader-kader pemimpin berkualitas, yang memiliki kecakapan intelektual tinggi, keahlian teknis mumpuni dan keunggulan mental kepribadian yang tangguh untuk mengemban setiap tugas yang dipercayakan kepadanya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat melalui Wakil Komandan Seskoau Marsekal Pertama TNI R. Hari Muljono, dalam HUT ke-47 Seskoau di Seskoau, Maribaya, Lembang, Senin (2/8) pagi. "Dari Seskoau ini, lahir pula para perwira militer mancanegara yang berhasil menduduki puncak karir militer di negaranya. Dengan demikian, Seskoau punya andil yang amat besar dalam melahirkan pemimpin profesional dan dedikatif, baik untuk menunjang tugas TNI dan tugas militer negara sahabat," kata Muljono.

Muljono menambahkan, sebagai lembaga pendidikan, Seskoau diharapkan melahirkan hasil didik yang selaras dengan tuntutan zaman. Hasil didik itulah yang akan mengawaki organisasi TNI, TNI, serta instansi lainnya. "Juga harus terus berinovasi untuk menyesuaikan perangkat pendidikan. Seskoau juga harus meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan pengajar yang selama ini sudah mumpuni. Ingat, hasil didik yang baik hanya dapat lahir dari lingkungan pendidikan yang tenaga pengajarnya berkapasitas mumpuni dan integritas yang tidak diragukan. Karena, program jangka panjang mewujudkan the first class air force, sangat tergantung pada mutu hasil didik Seskoau," katanya.

Muljono juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para sesepuh Seskoau dan orang tua asuh. "Peran orang tua asuh di lemdik Seskoau, sangat mendasar. Karena itu, saya sampaikan terima kasih kepada orang tua asuh. Mereka telah dengan tulus ikhlas dalam memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi berlangsungnya proses pendidikan di Seskoau," ujarnya.

Sejak berdiri tahun 1963, Seskoau telah mencetak 3.903 perwira siswa hingga angkatan ke-46 (keluaran tahun pelajaran 2009). Mereka terdiri dari 3.445 perwira menengah (pamen) TNI AU, 77 orang pamen TNI AD, 78 orang pamen TNI AL, 53 orang pamen Polri, 5 orang pejabat sipil dan 245 orang pamen mancanegara. Para pamen mancanegara itu berasal dari Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Cina, Filipina, India, Korea, Madagaskar, Malaysia, Nigeria, Pakistan, Papua Nugini, Srilanka, Singapura, Tanzania dan Thailand.

Untuk tahun 2010 atau angkatan ke-47, Seskoau sedang melaksanakan pendidikan yang diikuti 120 perwira siswa. Mereka terdiri dari 108 orang pamen TNI AU, 2 orang pamen TNI AD, 2 orang pamen TNI AL serta 8 orang pamen dari mancanegara (AS, Australia, Cina, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand). (A-128/A-147)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog