Rabu, 18 Agustus 2010

TNI Pertahankan Sikap Netralitas

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. mengatakan, beberapa bulan belakangan ini, telah banyak tenaga dan pikiran yang terkuras untuk menanggulangi berbagai permasalahan nasional. Di sisi lain banyak aspek dan permasalahan yang perlu untuk diperhatikan agar stabilitas nasional tetap dapat dijaga. Netralitas TNI, juga harus dijaga agar komitmen yang dibangun dapat dipertahankan, sehingga TNI benar-benar menjadi institusi yang profesional sebagai komponen utama pertahanan negara.

“Menyikapi perkembangan informasi saat ini, dimana ramai dibicarakan tentang hak pilih anggota TNI, kepada segenap prajurit TNI AL, saya mengimbau untuk tidak menanggapi informasi ini secara berlebihan. Karena hal ini akan memberikan dampak bagi kehidupan prajurit, yang pada akhirnya akan mengganggu kepentingan dinas. Kepada segenap jajaran prajurit TNI Angkatan Laut, saya tekankan untuk tetap menjaga netralitas dan soliditas TNI, serta menghindari kegiatan yang bersifat politik praktis” tegas Kasal Laksamana TNI Agus Suhartono dalam amanat tertulis yang dibacakan Ketua Inkopal Laksamana Pertama TNI Jamhuron pada upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia tahun 2010 di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (17/8).

Pada bagian lain amanatnya, Kasal menegaskan bahwa bulan Agustus bagi bangsa Indonesia merupakan bulan yang paling bersejarah, dimana rangkaian panjang perjuangan dan pengorbanan segenap komponen bangsa, mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945, dengan diproklamirkannya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perjuangan yang sarat dengan spirit nasionalisme, patriotisme dan heroisme, tersebut, dipenuhi dedikasi dan semangat militansi yang kemudian melahirkan jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 1945, yang menjadi landasan perjuangan bagi kita semua sebagai generasi penerus.

"Oleh sebab itu, tidak ada komitmen yang lebih kuat dan karya yang lebih mulia bagi kita sekalian, kecuali mewarisi, melanjutkan dan mengamalkan tradisi serta nilai-nilai kejuangan para pahlawan pendahulu kita, dengan terus berjuang dan bekerja keras dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih ini," tegasnya. (Mun/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog