Selasa, 02 November 2010

Merapi Meletus, Rapat KSAD Bubar

Senin, 1 November 2010, 10:39 WIB
Ismoko Widjaya
VIVAnews - Sekitar pukul 10 pagi ini, Merapi kembali meletus dan mengeluarkan awan hitam pekat dari puncak. Saat letusan ini, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta, berada di Posko Induk, di Pakem, Yogyakarta.

Pantauan VIVAnews.com, George Toisutta sedang memberikan imbauan kepada para bawahannya. Tiba-tiba, di puncak gunung Merapi terjadi letusan yang mengeluarkan awan hitam pekat ke arah selatan.

Pertemuan George Toisutta dan jajarannya langsung bubar. George Toisutta dan para bawahannya keluar melihat puncak Merapi yang mengeluarkan awan hitam pekat. Toisutta paling terakhir keluar dari posko yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Merapi.

"Letusan, letusan, letusan," teriak seorang warga. Suasana panik, peserta rapat langsung keluar. Tapi tak berapa lama kemudian, Toisutta kembali memimpin pertemuan di dalam Posko yang didirikan Korem itu.

Pada letusan 26 Oktober, 'wedhus gembel' menewaskan sekitar 37 orang. Pada Minggu 31 Oktober dini hari sempat terjadi dentuman yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Pada Minggu petang juga terjadi empat kali awan panas.
Laporan: Fajar Sodiq l Sleman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog