Rabu, 17 Februari 2010

TNI Siap Kawal Obama

Presiden AS Barack Obama dan istri Michelle Obama, bersama kedua anaknya berencana berkunjung ke Indonesia pada Maret mendatang. (Foto: daylife.com)

Selasa, 16 Februari 2010 - 15:45 wib
JAKARTA - Personel Kodam Jaya bersama Polda Metro Jaya akan bekerjasama untuk melakukan pengamanan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia, pada Maret mendatang. Kedua kesatuan ini akan bekerjasama, untuk menempatkan personelnya di sejumlah titik rawan maupun objek yang akan dikunjungi.

Hal itu disampaikan Pangdam Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro yang juga menjabat Komandan Satuan Tugas Pengamanan VVIP Kedatangan Presiden AS Barack Obama, di Markas Batalyon Infanteri Mekanik 201 Jakarta Timur, Selasa (16/2/2010). Pangdam Jaya juga mengatakan pembagian struktur pengamanan Obama akan disusun dalam beberapa cincin atau ring, dengan pasukan terdepan ditempatkan Paspampres.

Sementara pengamanan ring kedua dan selanjutnya, akan dilakukan oleh personel Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya, dan juga penempatan sejumlah sniper di titik-titik rawan. Dalam pengamanan, Satuan Pengamanan akan berkoordinasi dengan dengan Satuan Pengamanan Presiden AS atau yang disebut Secret Service.

Darpito menambahkan, pengamanan kedatangan Obama dilakukan dua pekan sebelum Presiden AS yang pernah menikmati masa kecilnya di Jakarta ini datang. Dengan pengertian, objek-objek yang akan dikunjungi Obama harus steril dari dua pekan sebelumnya.Untuk menyambut kedatangan ini, dipastikan aparat keamanan dan teritorial militer akan dibuat sibuk. Namun Pangdam enggan menyebutkan jumlah personel yang akan diturunkannya untuk mengamankan Presiden AS yang pernah bersekolah di SDN 01 Menteng ini.(Sukmo Wibowo/Trijaya/hri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog