Jumat, 26 Februari 2010

Danrem Ingatkan Jajarannya Netral

26 Februari 2010
Denpasar (Bali Post) –
Danrem 163/Wira Satya Kol. Inf. Yoedhi Swastanto, MBA. mengingatkan jajarannya tetap memegang teguh netralitas TNI pada ajang pilkada 4 Mei 2010 yang digelar serentak di lima kabupaten/kota di Bali. Ditegaskan, wujud netralitas TNI yang sudah menjadi komitmen bersama itu adalah tidak berpihak atau tidak membantu salah satu pihak.''Jika nantinya ada anggota yang terbukti ikut aktif atau menjadi pendukung salah satu kandidat dalam pilkada, pasti akan ditindak dan diberikan sanksi tegas sesuai jenis pelanggaran yang dilakukan,'' tegas Yoedhi Swastanto usai upacara peringatan Hari Jadi ke-49 Korem 163/Wira Satya, Kamis (25/2) kemarin.

Yoedhi Swastanto mengatakan, dalam pilkada mendatang pihaknya hanya mem-back-up aparat kepolisian jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Korem menyiagakan satu kompi pasukan atau setara 150 personel. ''Selama pilkada, kami menyiagakan personel dengan sistem pengamanan tertutup dan terbuka,'' ujarnya.

Peringatan agar seluruh anggota di jajaran Korem 163/Wira Satya tetap memegang teguh netralitas TNI juga dilontarkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan dalam sambutannya yang dibacakan Yoedhi Swastanto. Dengan bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis, berarti TNI jelas lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas dibandingkan kepentingan kelompok atau golongan tertentu. ''Netralitas ini merupakan sikap dan tindakan yang menjadi bagian terpenting dalam membangun soliditas TNI,'' tegasnya.

Pangdam Hotmangaradja Pandjaitan juga meminta seluruh jajaran di Korem 163/Wira Satya memaknai peringatan hari jadi itu sebagai sarana introspeksi terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan selama kurun waktu satu tahun terakhir. Dengan begitu, ke depannya dapat lebih meningkatkan peran pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta.

Serangkaian upacara peringatan Hari Jadi ke-49 Korem 163 Wira Satya juga digelar berbagai atraksi. Di antaranya, parade drum band yang dibawakan anak-anak dari TK Kartika Candra, demontrasi Kolone Senapan oleh anggota Denpom 93 Denpasar dan Pasukan Baris-berbaris oleh anggota Kodim Klungkung. Rangkaian puncak peringatan itu ditutup dengan acara syukuran yang berlangsung di aula Makorem 163/Wira Satya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog