Jumat, 19 Februari 2010

Capratar TNI Napak Tilas Rute Panglima Sudirman

Kamis, 18 Februari 2010 - 17:31 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – ”Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa Pahlawannya”, demikian yang pernah diucapkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Oleh karena itu Lembaga Pendidikan Akademi TNI dalam salah satu kurikulum pendidikannya melaksanakan kegiatan yang bernama Penghayatan Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman (RPS). Sebanyak 721 orang yang terdiri dari 469 Calon Prajurit Taruna Akademi TNI (Capratar) dan 252 orang pelatih melaksanakan kegiatan tersebut, mulai tanggal 16 sampai dengan 18 Februari 2010 di wilayah Yogjakarta dan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Napak Tilas RPS ini dimaksudkan untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa kejuangan, kepemimpinan dan semangat integrasi dari para Capratar Akademi TNI agar mereka secara dini sudah mempersiapkan diri agar kelak mereka menjadi calon-calon Pimpinan TNI yang cakap dan profesional. Dari penghayatan pelaksanaan Napak Tilas RPS ini diharapkan para Capratar mendapat, pertama, memahami sikap dan pribadi Panglima Besar Jenderal Sudirman, utamanya ketakwaan, kejujuran, kesederhanaan dan semangat rela berkorban dan watak yang tidak kenal menyerah.

Kedua, menghayati dan mewarisi nilai-nilai kejuangan, kepribadian dan kepemimpinan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Ketiga, menghayati strategi dan taktik yang diterapkan Panglima Besar Jenderal Sudirman pada saat melaksanakan perang gerilya. Keempat, menanamkan dan menumbuhkembangkan semangat integrasi dan jiwa korsa Capratar Akademi TNI.
Pada pelaksanaan kegiatan Napak Tilas RPS kali ini, diawali upacara Penyerahan Tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman dari Bupati Pacitan H. Suyono kepada Komandan Resimen Kolonel Inf Rubiyono, di Pangkalan Udara Pacitan.

Selanjutnya seluruh peserta Napak Tilas bergerak menuju Ds. Melikan sebagai start awal Napak Tilas RPS. Etape-I dari Ds. Melikan – Ds. Jalakan – Ds. Salam dan berakhir di Ds. Gawang. Selama melaksanakan Napak Tilas RPS, para Capratar Akademi TNI tidak ketinggalan melaksanakan program pemerintah yaitu berupa sosialisasi penanaman sebanyak 255 pohon. Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan bersama-sama masyarakat setempat, sedangkan pupuk dan penyangga disiapkan oleh Kodim Pacitan dan Dishut Prov. Jatim.

Etape-II dari Napak Tilas RPS, start awal dimulai dari Ds. Gawang – Ds. Sendang – Ds. Jajar/Badut dan berakhir di Ds. Tokawi. Pada Etape ini juga dilaksanakan penanaman sebanyak 300 pohon bersama-sama masyarakat setempat. Pada akhir pelaksanaan Napak Tilas RPS, pemberangkatan dimulai dari Ds. Tokawi – Ds. Kaloran dan finish di Monumen Jenderal Sudirman Ds. Sobo Kab. Pacitan. Begitupun juga pada Etape terakhir, para Capratar Akademi TNI dan masyarakat setempat bersama-sama melaksanakan penanaman sebanyak 445 pohon.

Rangkaian kegiatan Napak Tilas RPS ini diakhiri dengan upacara Penutupan Penghayatan Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman (RPS), dengan Inspektur Upacara Komandan Jenderal Akademi TNI Mayor Jenderal TNI (Mar) Nono Sampono, S.Pi, M.Si, bertempat di Monumen Jenderal Sudirman Ds. Sobo. Kec. Pacitan, Jawa Timur, Kamis (18/2). Pada saat wawancara dengan media, Komandan Jenderal Akademi TNI menyampaikan, ”keikutsertaan Capratar Akademi TNI adalah menindaklanjuti perintah Panglima TNI kepada Kotama, Kotama Wilayah dan Komando Pendidikan untuk membantu program pemerintah dalam penghijauan.

Oleh karena itu, Akademi TNI dan jajarannya dalam hal ini Taruna turut menyukseskan program penghijauan penanaman 1 milyar pohon yang dicanangkan pemerintah sebagai wujud kepedulian terhadap upaya mengatasi pemanasan global”.

Setelah upacara penutupan, dilanjutkan dengan acara sosialisasi penanaman 1 milyar pohon yang dipimpin oleh Dirjen Rehabilitasi Perhutanan dan Lahan Sosial Ibu Ir. Indri Astuti, M.M. mewakili Menteri Kehutanan RI. Selanjutnya, secara simbolis diserahkan bibit pohon kepada Aster Kodam V/Brawijaya Kolone Inf Ali Sanjaya mewakili Pangdam V/Brawijaya, Danrem 081/Dhirot Saha Jaya Madiun Kolonel Arm Jul Alfiandi dan Dandim 0801/Pacitan Letkol Arm Muzahar. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog