Sabtu, 20 Februari 2010

Pasukan Brigif TNI Bertambah di NTT

Nusantara / Jumat, 19 Februari 2010 18:14 WI
Metrotvnews.com, Kupang: Panglima Daerah Militer IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Hotmangaradja Pandjaitan meresmikan Brigade Infantri 21/Komodo di Camplong, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/2). Pasukan Brigif 21 Komodo ini akan memperkuat pengamanan kedaulatan NKRI. Wilayah NTT dengan ribuan pulau terluarnya berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia.

Pasukan Brigif 21 Komodo Kupang ini sudah ditempati kekuatan pasukan tiga batalyon, 742/743 dan 744. Komandan pertama untuk Brigif 21 Komodo ini dijabat oleh putra daerah NTT asal Pulau Rote, yakni Letnan Kolonel Infanteri Jemy Zakarias.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Hotmangaraja menegaskan, kehadiran pasukan TNI Brigif di wilayah NTT ini sudah melalui kajian yang mendalam. Dan ini merupakan postur pertahanan nasional untuk mengantisipasi gangguan kedaulatan NKRI. Sebab, wilayah NTT dengan ribuan pulau kecil berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia.Di NTT terdapat 1.192 pulau kecil yang tidak berpenghuni dan terhampar di sekitar perbatasan Indonesia -Timor Leste dan Australia. Dari jumlah ini, baru 473 pulau terluar yang sudah diberi nama, sementara 719 pulau terluar lain di NTT belum diberi nama dan dihuni.(Eugenius Kau Suni/DSY).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog