Rabu, 24 Februari 2010

Indobatt-Unifil QRF Gelar Latihan Bersama

Rabu, 24 Februari 2010
JAKARTA (Suara Karya): Prajurit TNI tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIIII-D/Unifil (Indobatt) dengan Baterai Artileri Medan United Nations Interim Forces In Lebanon Quick Reaction Force (Unifil QRF), menggelar latihan tempur bersama di Adshit Al Qusayr, Markaba dan El Aadeisse, Lebanon Selatan.

Latihan bersama itu dilakukan, guna memelihara dan meningkatkan kemampuan operasional penjaga perdamaian (peace keeper) di wilayah setempat. Siaran pers yang diterima Suara Karya dari Mabes TNI sesuai laporan Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-D/Unifil, Kapten TNI Michiko Moningkey di Al Qusayr Lebanon Selatan, Selasa (23/2) menjelaskan, program latihan bersama telah menjadi program periodik Unifil.

Latihan yang berlangsung sejak 20 - 22 Febuari 2010, dikonsentrasikan di daerah operasi Batalyon Indonesia, meliputi wilayah Adshit Al Qusayr, Markaba dan El Aadeisse. Materi latihan teknis, dikatakan Michiko, tentang prosedur permintaan tembakan bantuan Artileri Medan (Armed) dari Indobatt sebagai satuan taktis di lapangan kepada Unifil QRF.

"Unifil QRF adalah satu-satunya satuan di jajaran Unifil yang memiliki kemampuan pemukul reaksi cepat dengan wilayah operasi mencakup seluruh wilayah Lebanon Selatan dan dilengkapi dengan persenjataan lengkap, baik untuk kemampuan Infanteri Mekanis, Kavaleri, Artileri Medan, Artileri Pertahanan Udara dan Radar," ujarnya.

Ia menambahkan, latihan bersama tersebut sekaligus melatih kemampuan serta ketrampilan berkomunikasi dan bekerja sama antarpersonel Indobatt dan Unifil QRF berdasarkan permintaan, pemberian dan koreksi bantuan tembakan Armed.

Hal ini sangat penting bagi kedua satuan mengingat kemampuan dasar satuan yang berbeda, dimana Indobatt berkemampuan sebagai satuan Infanteri Mekanis dan unit dari Unifil QRF berkemampuan Artileri Medan. (Feber Sianturi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog