Kamis, 11 Februari 2010

AS Minta Pengamanan Obama oleh TNI



Rabu, 10 Februari 2010 - 14:41 wib
Presiden AS Barack Obama dan istri Michelle Obama. (Foto: daylife.com)
JAKARTA –(Okezone). Pemerintah Amerika Serikat meminta pengamanan kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia dilakukan oleh TNI. Hal ini disampaikan Panglima Komando Pasifik Amerika Serikat Robert S Williard kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berkunjung ke Istana Negara.

"Mereka minta pengamanan dilakukan oleh militer dan itu memang protap kita, jadi tidak ada masalah, pengamanan dilakukan oleh TNI," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kantor Presiden, Rabu (10/2/2010). Menurut Purnomo, tidak ada permintaan khusus dari Robert terkait pengamanan yang akan dilakukan oleh TNI terhadap Presiden negara adi daya itu. TNI sendiri hanya akan melakukan pengamanan standar kepala negara asing."Kemudian mereka menyampaikan, mereka juga akan melakukan pengamanan. Ya silakan, karena itu Presiden mereka," ujar Purnomo. Sebelum ke bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Robert juga telah bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Purnomo, dan ke Menko Polhukam Djoko Suyanto.

Selain membicarakan masalah pengamanan Obama, kedatangan Robert juga beragendakan peningkatan kerjasama militer Amerika dengan TNI. "Mereka mengatakan akan memperbaiki hubungan militer to militer ke depan. Saya kira itu kita sambut dengan baik, terutama nanti normalisasi dari protahubungan yang sempat terganggu," terang Purnomo.

Pihak AS optimis, hubungan kerjasama militer yang sempat terganggu akan kembali normal. Di kesempatan tersebut, Purnomo juga sempat menyampaikan reformasi yang telah dilakukan TNI selama 10 tahun terakhir.(Iman Rosidi/Trijaya/hri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog