Kamis, 04 Februari 2010

Pengamanan Barack Obama Dipegang TNI



Rabu, 3 Februari 2010 12:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamanan pada ring I dan II saat kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia sepenuhnya dipegang Tentara Nasional Indonesia (TNI). Polri akan mendukung tugas TNI dengan menciptakan keamanan selama Obama berada di Tanah Air.

"Pengamanan dilakukan lewat operasi Waskita yang tanggung jawabnya ada di TNI. Itu operasi pengamanan setingkat kepala negara. Jadi, Polri mem-back up," ucap Kepala Badan Intelejen dan Keamanan Polri Irjen Saleh Saaf di Mabes Polri, Selasa (3/2/2010).

"Polri mempunyai tugas pokok, yaitu menciptakan kondisi supaya aman daripada perjalanan tamu negara yang datang. Dan, itu tidak hanya Obama saja, tapi semua tamu negara yang datang," kata dia.

Selain bekerja sama dengan TNI, kata Saleh, Polri juga akan bekerja sama dengan pengamanan pihak AS. Namun, ia menolak berkomentar ketika ditanya masalah teknis pengamanan kunjungan orang nomor satu di AS itu.

"Yang namanya pengamanan VVIP tidak mungkin bicara banyak. Yang jelas, kedatangan tamu negara setingkat presiden ada SOP-nya," kata dia.

Seperti diberitakan, Barack Obama akan mengunjungi Indonesia pada Maret mendatang. Ia telah diundang melakukan lawatan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Obama akan mengunjungi tempat-tempat yang sering dikunjunginya saat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog