Kamis, 04 Februari 2010

Pengamanan Obama, TNI Tunggu Koordinasi AS

Rabu, 3 Februari 2010, 12:59 WIB
Amril Amarullah
VIVAnews -- Sistem keamanan tingkat tinggi akan diterapkan selama kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia, Maret 2010 mendatang. Sistem keamanan dilakukan TNI dan Polisi hanya sebagai pendukung. Kepala Pusat Penerangan TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen menyatakan, TNI masih menunggu koordinasi dari pengamanan Amerika Serikat. Tapi, persiapan awal sudah dilakukan sesuai prosedur tetap (protap).
"Upaya pengamanan khusus tetap dilakukan, itu sudah jadi protap setiap akan ada tamu negara setingkat presiden. Kalo soal Presiden Obama, kami masih menunggu koordinasi dari Amerika," kata Sagom Tamboen kepada VIVAnews, Rabu 3 Februari 2010. Setelah koordinasi dilakukan, barulah Paspampres akan melakukan koordinasi juga secara internal maupun eksternal ke Polisi maupun pemerintah daerah setempat.

Sebenarnya juga, lanjut Sagom antara pengamanan presiden satu dengan lainnya tidak ada bedanya, semua sama. Hanya saja selama berada di Indonesia semua tamu negara akan di buat senyaman dan seaman mungkin. "Soal jumlah personel relatif, masih menunggu instruksi, tapi semua disesuaikan dengan kondisi yang ada, dan tentunya intelijen akan mengawali semua kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan," tuturnya.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada gangguan apapun baik dalam maupun luar yang akan mengganggu kenyamanan kunjungan para tamu negara setiap ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog