Senin, 01 Februari 2010

TNI Bangun Makodam di Kalbar


Senin, 1 Februari 2010 06:49 WITA
PONTIANAK, SENIN - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta menetapkan lokasi pembangunan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XII Tanjungpura di Kalimantan Barat di Desa Tebang Kacang Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

"Lokasi Kodam XII TPR saat ini memang disiapkan dua, satu di di Tebang Kacang dengan luas lahan sekira 200 hektare dan di Sungai Ambawang dengan luas 45 hektare. Tetapi di Tebang Kacang yang cocok," kata George Toisutta, Sabtu. Menurutnya, dibentuknya Kodam di Kalbar selain mendapat sambutan positif masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalbar, juga sebagai pengulangan sejarah karena sebelumnya Kodam VI TPR berada di Kalbar kemudian dipindahkan ke Kalimantan Timur.

"Secara jujur dibentuknya Kodam untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, tetapi juga ada kerinduan masyarakat akan ditingkatkannya status Korem menjadi Kodam," kata George. Pembentukan itu dilakukan pada 2010. "Paling lambat bisa pertengahan dan akhir tahun, tergantung anggaran," katanya. Ia menambahkan, pembentukan markas kodam di Kalbar tidak bisa langsung megah seperti pembentukan di Pulau Jawa. "Bisa saja pembangunannya tersendat-sendat karena prosedur, sarana infrastruktur dan lain-lain," ujarnya.

Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Kolonel Infantri Nukman Kosadi, lokasi di Tebang Kacang pemilik tanahnya CV Cemerlang seluas 200 hektare seharga Rp 5 ribu per meter persegi. Sementara di Sungai Ambawang ada 29 pemilik, dan 60 persen status tanahnya sertifikat, 40 persen Surat Keterangan Tanah (SKT) dengan harga Rp 45 ribu per meter persegi.

Adapun fasilitas yang akan dibangun di makodam di Tebang Kacang, yaitu sarana kantor seluas 36 hektare, perumahan dinas untuk 3.060 personel seluas 64 hektare, fasilitas umum 24 hektare, dan sebesar 30 persen untuk riset serta 60 hektare untuk daerah resapan. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, menyambut baik rencana itu. "Saya mewakili masyarakat Kubu Raya menyampaikan terima kasih karena telah ditempatkannya pembangunan makodam di sini," katanya.

Ia berharap, dengan dibangunnya makodam di daerah itu bisa mengungkit perekonomian daerah sekitar yang sebelumnya termasuk daerah tertinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog