Senin, 19 Juli 2010

Gabungan TNI, Polri, Pemkot Bogor Bersihkan Sampah Pasar

Minggu, 18 Juli 2010 - 15:44 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Ratusan personil gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan aksi bersih tumpukan sampah sisa para pedagang pasar tumpah di sekitar Pasar Bogor, Sabtu (17/7) malam.

Usai pasar Bogor, ratusan personil bergerak menuju bawah Jembatan Sungai Ciliwung di Jalan Oto Iskandardinata. Danrem 061 /Surya Kencana (SK), Kol. Inf Doni Monardo bersama dengan Dandim 0606 Kota Bogor, Letkol Inf. Mirza Agus, langsung memimpin anak buahnya.
Sedangkan dari Pemkot Bogor, dipimpin Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan, Eddy S Warsa, bersama Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Indra M Rusli.

Kawasan yang menjadi sasaran aksi kebersihan di mulai dari Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Oto Iskandardinata sekitar Pasar Bogor hingga Tugu Kujang. Puluhan kubik sampah sisa pedagang pasar tumpah yang biasa menggelar dagangannya setiap malam di sekitar Pasar Bogor dikeruk dan diangkut oleh petugas gabungan.

Untuk menghilangkan bau sampah yang menyengat petugas melakukan penyemprotan air dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebarakan. “ Kalau tidak disemprot baunya sangat menyengat, “ ujar Eddy.

Danrem 061/SK Kol. Inf Doni Monardo bersama puluhan prajuritnya, turun ke bawah jembatan sungai Ciliwung. Tumpukan sampah yang menyumbat aliran Sungai Ciliwung berhasil diangkut oleh prajurut TNI.

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Eddy S.Warsa mengatakan, aksi kebersihan yang melibatkan prajurit Kodim 0606 Polresta, dan Pemkot Kota Bogor dikoordinir langsung Danrem 061/SK ini dimaksudkan guna menjaga lingkungan Kota Bogor. “Sekitar 800 personil yang kami kerahkan dalam kegiatan kerja bakti kali ini, “ujarnya.

Eddy mengakui, trotoar yang seharusnya untuk pejalan kaki banyak digunakan oleh pedagang kaki lima, Buktinya, troatar di sekitar Pasar Bogor dan Kebun Raya telah beralih fungsi menjadi
tempat berjualan pedagang kaki lima, “Yang lebih memprihatinkan lagi prilaku sebagian masyarakat menjadikan tembok pagar Kebun Raya WC umum, mereka dengan seenaknya buar air kecil ditembok pagar sehingga mengundang bau yang tidak sedap, “ tutur Eddy

Makanya menurut Eddy, untuk menghilangkan bau yang menyengat pihaknya melakukan penyemprotan dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. “ Kita malu kalau hal ini terus dibiarkan, apalagi KRB yang saat dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri, “ ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Mirza Agus mengatakan, pihaknya bersama pemerintah Kota Bogor melakukan aksi kebersihan selain untuk menjaga lingkungan Kota Bogor juga untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang tinggal tiga Minggu lagi. “ Kita ingin kebersihan Kota Bogor tetap terjaga, “ ujarnya.

Dandim berharap, kepada Pemerintah Kota Bogor untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat pejalan kaki, “ Kita tidak melarang mereka berjualan, Tapi saya menghimbau kepada para pedagang untuk menjaga kebersilan disekitar tempat berjualannya, “ pinta dia.

Mengenai aksi kebersilan Sungai Ciliwung Dandim Mirza Agus mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan oleh prajurit TNI merupakan bagian dari program lingkungan yang digulirkan Danrem 061/SK Bogor.
(yopi/sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog