Kamis, 29 Juli 2010

TNI AL Kejasama AL Amerika, Australia dan Singapura Bangun Maluku

Rabu, 28 Juli 2010 - 20:58 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), Angkatan Laut Singapura (Republic Singapore Navy/RSN) dan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) membangun Maluku melalui kegiatan Bakti Sosial Surya Bhaskara Jaya Sail Banda 2010.

Demikian diungkapkan Kadispenal di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/7). “Kegiatan bakti sosial ini berlangsung secara apik dan harmonis dilakukan oleh personel militer dari TNI AL, US Navy, RSN dan RAN. Sejak kedatangan kapal rumah sakit USNS Mercy dan RSS Endevour pada tanggal 26 Juli 2010, rangkaian kegiatan dilaksanakan secara paralel”, kata Laksma TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M.

Hari Selasa tanggal 27 Juli 2010, Personel Marinir TNI AL bersama 8 orang personel Amerika Serikat dan Australia, dibantu oleh masyarakat melakukan bakti sosial pembangunan Panggung Pukul Sapu di desa Mamala Maluku Tengah. Arena Panggung Pukul Sapu merupakan fasilitas umum tempat berkumpul acara tradisional yang biasanya dilakukan setahun sekali saat sore hari sekitar hari raya Idul Fitri. Sebelum bergabung untuk bekerja memperbaiki Panggung Pukul Sapu, para personel Amerika Serikat dan Australia mengamati terlebih dahulu kegiatan yang sedang dilakukan oleh personel Marinir TNI AL dan masyarakat Mamala, sambil menanyakan pekerjaan apa saja yang perlu dilakukan.

Sedangkan ditempat yang lain, tepatnya di Waihong kota Ambon, dilakukan bakti sosial kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan dari TNI AL, US Navy, dan RSN. Antrian panjang dan berdesakan mewarnai kegiatan bakti sosial tersebut. Untuk pengaturan pengobatan, para pasien ditandai dengan gelang warna merah untuk penyakit mata, oranye untuk pengobatan anak-anak, ungu untuk pengobatan gigi dan kuning untuk pengobatan umum.

Cuaca mendung dan gerimis tidak membuat para pasien mengurungkan niatnya mengikuti pengobatan massal. Menurut Mayor Dokter Chow Weien dari RSN, ada sekitar 12 pasien sedang menjalani operasi di kapal Singapura RSS Endevour yang sedang merapat di dermaga Yos Sudarso Ambon. Beberapa Kowal (Korps Wanita TNI AL) sebagai paramedis terlihat sibuk bekerja membantu para dokter dari negara tetangga, sambil mencoba menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, karena umumnya para dokter tidak dapat mengerti bahasa Indonesia, sedangkan para pasien tidak mengerti bahasa Inggris, bahkan terkadang menggunakan bahasa lokal Ambon.

Pengobatan massal tersebut sempat dikunjungi oleh Atase Laut Singapura Senior Letnan Kolonel Tan Bian dan Komandan kapal RSS Endevour Letkol Kenny Chen, juga dari pihak Amerika Serikat Kolonel Lisa M. Franchetti, serta dari pihak TNI AL adalah Kadiskes Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Tjangeta Liempy S. Sp.An.

Bagi masyarakat Ambon dan sekitarnya yang belum mendapat kesempatan berobat, jadwal pengobatan massal untuk tanggal 28 sampai 29 Juli 2010 akan dilakukan di Puskesmas Amahusu.

Ditengah sibuknya acara, sempat juga diadakan kegiatan ringan berupa olahraga bersama yang diikuti oleh personel TNI AL, TNI AD, TNI AU dan personel militer dari Amerika Serikat. Guna meningkatkan kerjasama dan hubungan yang harmonis, mereka bersama-sama melakukan olahraga sepak bola dan bulu tangkis di lapangan olahraga Halong Lantamal IX Ambon. (dispenal/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog