Jumat, 23 Juli 2010

Di Hadapan Menhan AS, SBY Jamin Kawal Reformasi Militer

Kamis, 22/07/2010 18:20 WIB Reza Yunanto – detikNews

Jakarta - Amerika Serikat (AS) siap menormalisasi hubungan dengan pasukan elit TNI Kopassus yang merenggang sejak 1998. Salah satu yang membuat AS melunak karena Indonesia sudah menjalankan reformasi internal di tubuh militer.

"Presiden sendiri sudah sampaikan tadi dalam pertemuan bahwa dia ini militer. Dia yang dulu ikut menyusun blueprint reformasi TNI," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro menirukan ucapan Presiden SBY.

Hal ini disampaikan Purnomo dalam jumpa pers usai bertemu secara tertutup selama 30 menit dengan Menhan AS Robert Gates di Kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (22/7/2010).

Tak cuma menjelaskan soal reformasi internal TNI, menurut Purnomo, dalampertemuan tersebut Presiden SBY bahkan memberikan jaminan akan mengawal jalannya reformasi internal di tubuh militer tersebut.

Sebagai salah satu penyusun blueprint reformasi militer, Presiden memastikantidak akan membiarkan ini tidak terlaksana.

"Dia pastikan sendiri akan mengawal reformasi TNI. Dan ini pernyataan luar biasa sekali karena datang dari presiden," jelas Purnomo.Menurut Purnomo, kepercayaan itu penting. Dan Indonesia kini mulai mendapatkepercayaan yang besar dalam forum-forum Menteri Pertahanan di berbagai kawasan.Salah satunya, Indonesia akan menjadi chairman dalam East Asian Summit yangakan digelar di Hanoi, Vietnam. Dalam pertemuan tersebut, kata Purnomo, Menhan AS Robert Gates memastikan akan hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog