Senin, 05 Juli 2010

Korban Tenda Sirkus Jalani Operasi

Minggu, 4 Juli 2010 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Patar Tampubolon (37), salah satu korban luka serius akibat ambruknya tenda di Indonesia International Circus Festival (IICF) 2010, menjalani perawatan di RS TNI AL Mintoharjo, Jakarta Pusat. Patar yang merupakan salah satu pekerja lepas bagian kebersihan pada festival sirkus tersebut baru saja menjalani operasi untuk menghentikan pendarahan di kepala akibat tertimpa tiang-tiang konstruksi tenda.

Landya Simatupang, istri korban mengatakan, kondisi Patar perlahan mulai membaik pascaoperasi. "Sudah agak baikan. Sekarang sudah sadar dan bisa komunikasi normal, kalau kemarin kan sempat pingsan lama," kata Landya saat ditemui di RS Mintoharjo, Minggu (4/7/2010). Hanya saja, menurut Landya, saat ini Patar masih perlu mendapatkan perawatan intensif untuk penanganan luka di kepalanya. Patar mengalami luka robek di kepala bagian belakang yang mengakibatkan kehilangan banyak darah.


Dokter Mozart yang menangani Patar mengatakan, pasiennya tersebut mengalami luka robek serius akibat tertimpa tiang-tiang konstruksi tenda. Dikatakannya, Patar sempat mengalami gegar otak ringan yang sempat membuatnya tidak sadarkan diri. "Tulang tengkoraknya retak dan agak melesak sedalam kira-kira 1 milimeter. Juga mengalami luka robek di pembuluh darah belakang kepala sehingga kehabisan cukup banyak darah," katanya.


Mozart mengatakan, pihaknya langsung melakukan tindakan operasi setibanya Patar di IGD RS Mintoharjo. Penanganan pada kemarin malam itu difokuskan untuk menghentikan pendarahan akibat luka robek di belakang kepala itu. "Sekarang ini kondisi umumnya sudah membaik. Dari tensi darah, detak jantung, suhu badan, umumnya normal. Hanya saja memang masih perlu waktu banyak untuk proses penyembuhan," paparnya.

Dikatakan Mozart, setelah mendapatkan perawatan intensif Patar dapat bisa beraktivitas normal kembali. Meski lukanya cukup serius, namun menurutnya, luka tersebut tidak menimbulkan kerusakan permanen. "Mudah-mudahan dalam waktu lima hari ke depan kondisi kepalanya sudah membaik," tuturnya. Seperti diberitakan, Sabtu ( 3/7/2010 ), hujan deras yang mengguyur Jakarta menyebabkan salah satu tenda tempat pertunjukkan Indonesia International Circus Festival (IICF) 2010 ambruk. Patar Tampubolon, bukan Patar Tambunan seperti diberitakan sebelumnya, menjadi salah satu korban luka dalam kejadian tersebut. Korban lainnya adalah Ilina Fredi yang menderita luka ringan. Saat ini Ilina sudah diperbolehkan untuk pulang dan menjalani rawat jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog