Minggu, 04 Juli 2010

Mempertebal Nasionalisme Warga Perbatasan

Sabtu, 03 Juli 2010 , 09:39:00
PONTIANAK—Mempertebal semangat kebangsaan dan nasionalisme masyarakat perbatasan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut merasa bertanggung jawab terhadap itu. Dengan mewadahi lewat kegiatan Bhakti TNI Terpadu 2010 di kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, 29 Juli hingga 29 Agustus. Paloh merupakan daerah yang kawasan perairannya bertemu langung dengan laut Malaysia. Untuk salah satu daerah perbatasan di Kalimantan Barat. Komandan Pangkalan Utama AL (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI (L) Djoko Teguh W memimpin upacara pembukaan Kegiatan Bhakti TNI yang dihadiri Bupati Sambas, jajaran Lanud Supadio, KPLP, DKP dan unsur ormas.

“Memilih Paloh Kabupaten Sambas daerah kegiatan Bhakti TNI tidak terlepas dari posisinya yang sangat strategis, namun juga memiliki potensi ancaman cukup tinggi karena letaknya yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Kegiatan tidak hanya perwujudan rasa sosial melainkan ingin menumbuhkan rasa kepekaan masyarakat tentang kewajiban bela negara dalam upaya menjaga keutuhan NKRI,” kata Danlamtamal Paloh.
Dia menambahkan pelaksanaan kegiatan yang menerjunkan 140 personil dari Lanal Pontianak ini diharapkan mampu menggugah semangat rasa kebangsaan masyarakat. Dengan secara bersama TNI membangun daerah. Dalam kapasitas sebagai sama-sama abdi negara. Dalam kegiatan Bhakti TNI, personil angkatan laut akan membantu membuat penampungan air bersih bagi warga masyarakat perbatasan. Agar masalah air bersih bagi warga perbatasan dapat teratasi. Selain membangun jalan, renovasi rumah ibadah dan pembuatan jalan serta sunatan massal masuk daftar agenda Bhakti TNI.
Sementara itu, Bupati Sambas Burhanudin A.Rasyid mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Bakti TNI. Dia mengatakan merasa terbantu untuk meningkatkan rasa nasional masyarakatntya. Mengingat Paloh berbatasan dengan Malaysia. Menurut Bupati, di kabupaten Sambas, dua daerah yang berbatasan langsung dengan negeri jiran, yakni Paloh dan Sajingan. Paloh daerah perairan batasnya, sedang Sajingan wilayah darat batasnya. Secara terpisah ketua GM FKKPI Kalbar Wahyu Asmidi mengatakan mendukung kegiatan Bhakti TNI yang memiliki sasaran untuk memperkuat serta mempertahankan keutuhan NKRI. Danlanal Pontianak Kolonel (L) Parno merincikan 140 prajurit TNI AL dilibatkan dalam Bhakti TNI di Paloh. (stm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog