Selasa, 20 Juli 2010

Kesejahteraan Prajurit & keluarga Prasyarat Membangun TNI Profesional

Senin, 19 Juli 2010 - 18:50 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah menegaskan bahwa faktor kesejahteraan prajurit beserta keluarganya, merupakan salah satu prasyarat yang harus diwujudkan dalam rangka membangun TNI yang profesional, modern, handal dan dicintai rakyat.

Demikian sepenggal sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso selaku Pembina Utama Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 IKKT di Panti Perwira Balai Sudirman Jakarta, Senin (19/7).

Tekad dan prasetia IKKT dituangkan dalam tema yang berbunyi “Dengan Semangat kebersamaan IKKT Pragati Wira Anggini turut berperan serta dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan keluarga prajurit” merupakan keterpaduan dan kebersamaan program antara IKKT dengan kebijakan dan program TNI di bidang peningkatan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya. Tema di atas, sesuai dengan salah satu butir dari Pancatunggal Kebijakan Panglima TNI, yaitu kebijakan peningkatan kesejahteraan personel TNI yang meliputi prajurit dan pegawai negeri sipil TNI beserta keluarganya, termasuk didalamnya anggota IKKT Pragati Wira Anggini.

Sebelum upacara puncak peringatan HUT ke 44, IKKT telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan sosial sebagai wujud dari salah satu program kerjanya seperti donor darah, pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, ceramah parenting, khitanan massal, dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Angky Djoko Santoso selaku Ketua Umum IKKT mengatakan bahwa tema HUT ke-44 IKKT mengandung tiga pokok pikiran yang akan menjadi agenda utama yaitu pertama tentang kebersamaan; kedua tentang pendidikan; dan ketiga tentang kesejahteraan. Kebersamaan tidak akan memiliki arti apa-apa, tanpa kepedulian. Selain peduli dengan sesama istri prajurit TNI dan anggota IKKT, hendaknya harus peduli kepada persoalan sosial kemasyarakatan, serta yang tidak kalah pentingnya adalah kepedulian terhadap peningkatan pendidikan, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit beserta keluarga besarnya.

Rangkaian peringatan HUT ke-44 IKKT di isi dengan acara pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum diserahkan kepada anggota IKKT termuda, pemberian dana bantuan pendidikan kepada putra/putri anggota IKKT yang berprestasi, dilanjutkan ramah tamah diiringi dengan beberapa tampilan kesenian daerah yaitu sajian tari Indang dari Aceh, tari Japin dari Riau, dan sajian seni suara dari para anggota IKKT. Acara berlangsung dengan meriah, dihadiri oleh Kasum TNI, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI, para Ketua Cabang IKKT, dan segenap anggota IKKT Pragati Wira Anggini. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog