Sabtu, 10 Juli 2010

Panglima TNI Terima Dubes Brunai

Jumat, 9 Juli 2010 - 21:11 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso, menyambut secara resmi kedatangan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LB BP) Brunei Darussalam untuk Indonesia Tuan Yang Mulia Terutama Dato Paduka Mahmud bin Haji Saidin DPMB, SNB, SMB di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (9/7). Kedatangan Dubes Brunei diawali dengan jajar kehormatan dan dilanjutkan kunjungan ke Ruang Tamu Panglima TNI.

Dato Paduka Mahmud bin Haji Saidin, yang akrab dipanggil Dato mahmud menjabat sebagai Duta Besar LB BP untuk Indonesia sejak November 2009. Kedua negara mempunyai hubungan diplomatik yang sangat baik dan strategis khususnya kerjasama di bidang agama, budaya, pertahanan dan keamanan. Kerjasama kedua negara di tingkat kawasan regional dan internasional selalu seiring sejalan dan saling mendukung. Pada kesempatan kunjungan tersebut, Dato Mahmud menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama kedua negara yang telah terbangun dengan sangat baik, khususnya di bidang militer kedua angkatan bersenjata.

Hubungan kerjasama militer kedua negara tersebut antara lain pertemuan tahunan secara bergilir di Indonesia dengan Brunei Darussalam; di bidang pendidikan, sejumlah perwira Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan militer di Indonesia, Sesko TNI dan Sesko Angkatan. Sedangkan TNI mengirim perwira berpangkat Letnan Kolonel Ke Program Executive Development Program (EDP) dan perwira berpangkat Kapten pada Royal Brunei Armed forces Junior Staff Course ( setingkat Sekolah Lanjutan Perwira).

Di bidang latihan, ABDB mengikuti Garuda Shield Exercise di Cipatat, Army Working Group, latihan Penanggulangan Teror, Army Solidarity Games, Latihan bersama Helang Laut, Sea Riding, Elang Brunesia dan rencana site survey; pemerintah Angkatan Bersenjata Diraja Brunei turut serta dalam konferensi pertemuan para Panglima Angkatan Bersenjata se-Kawasan Asia Pasifik (CHOD) ke 11 tahun 2008 di Bali; dan Tentara Diraja Laut Brunei mengikutsertakan sebuah kapal perang pada kegiatan Indonesia Fleet Review Sail Bunaken bulan Agustus 2009 di Manado.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan Dato Mahmud sebagai Dubes LBBP Brunei Darussalam untuk Indonesia, serta menyampaikan apresiasi kepada Brunei Darussalam atas dukungan dan bantuan kemanusiaan dalam penanggulanganan bencana di Aceh, Nias, dan Yogyakarta.

Demikian sebaliknya, Dubes Brunei juga menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Panglima TNI yang telah berjasa memajukan dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara khususnya kerjasama militer, sehingga Pemerintah Brunei Darussalam akan menganugerahkan Bintang Kehormatan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang (DPKT) dari Sultan Brunei Darussalam yang akan disematkan pada tanggal 15 Juli 2010 mendatang pada Acara Hari Keputran ke-64 Sultan Brunei.

Turut mendampingi Panglima TNI, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Sudjadijono, S.E dan Kapuspen TNI Aslizar Tanjung, S.E.,M.B.A. Duta Besar Dato Mahmud di dampingi oleh Atase Pertahanan Ltc. Pangeran Hafiz. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog