Jumat, 29 Oktober 2010

INDOBATT PANEN ZAITUN DENGAN WARGA LEBANON SELATAN

29-Oct-2010, 04:35:48WIB

(Adshit Al-Qusayr; 27/10) Indonesian Battalion kembali bekerja bersama-sama untuk menuai hasil perkebunan Zaitun milik warga Lebanon Selatan Mr. Abed Jober dan Mr. Ramziya Jober, pada Minggu (24/10) di ladang Zaitun yang terletak di desa Bani Hayyan, salah satu desa yang berada didalam Area Operation (AO) Kompi Mekanis A Indobatt.
Sebelumnya, rombongan Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/ UNIFIL (Indonesian Battalion/ Indobatt) yang dipimpin Kasi CIMIC (Civil Military Coordination) Mayor Inf Ro’is Nahruddin, menuju gedung municipality Bani Hayyan dan bertemu dengan Mayor (istilah untuk pemimpin administrasi desa di Lebanon Selatan) Mr. Yehya Jober. Disambut dengan penuh kekeluargaan, Mr. Yehya Jober menyatakan dengan antusias menerima uluran tangan Indobatt untuk membantu warga Bani Hayyan memanen buah Zaitun.

Selanjutnya, sesuai dengan rencana, prajurit Indobatt didampingi oleh Pasi CIMIC Mayor Laut (T) Arie Cahyo Nugroho dan Kapten Inf Chairi Suhanda, menuju ke ladang Zaitun yang kebetulan berada tidak jauh dari gedung municipality. Setelah menerima beberapa petunjuk singkat dari Kasi CIMIC agar bertindak ekstra hati-hati didalam memperlakukan pohon Zaitun, selanjutnya seluruh anggota yang berjumlah dua puluh lima personil, gabungan dari Kompi Mekanis A dan dari markas batalyon, bekerja bahu-membahu memetik buah Zaitun.

Sejauh mata memandang, terhampar puluhan pohon Zaitun, pohon kecil tahunan dan berwarna hijau abadi, yang menurut pemiliknya, Mr. Abed Jober (75 tahun), pohon Zaitun ini sepanjang tahun tidak mengalami perubahan warna daun dan tidak berguguran daunnya saat memasuki musim dingin di Selatan Lebanon. Bahkan buahnya dapat dimakan mentah ataupun jikalau diawetkan dapat sebagai penyegar.

Selanjutnya, dikatakan buah Zaitun yang sudah tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak Zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda. Kebun Zaitunnya ini merupakan milik keluarganya dari generasi ke generasi. “Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar”, ujarnya dengan mimik serius, dengan dibantu terjemahannya oleh Assistant Language and Interpreter Indobatt Ms. Amal Kawadji. Mr. Abed Jober masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan Mayor Bani Hayyan Mr. Yehya Jober.

Tak hanya sampai disini, kiprah Indobatt di dalam membantu anggota masyarakat Lebanon Selatan di dalam memanen Zaitun. Menurut penjelasan Mayor Inf Ro’is Nahruddin, kegiatan ini telah dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sejak beberapa minggu lalu. Telah dilaksanakan juga di dalam compound Indobatt UN Posn 7-1 tepatnya di desa Adshit Al-Qusayr. Dimana terdapat kebun Zaitun yang terletak di sudut compound. Adalah Lettu Sus Adhinul Ichtiadi dan Lettu Inf Syahrul Ramadhan selaku Pasi CIMIC yang mengkoordinir kegiatan panen Zaitun bersama-sama warga setempat.

Dari kegiatan ini, warga lokal sangat berterimakasih atas bantuan tenaga yang telah diberikan oleh prajurit UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) khususnya oleh Indonesian Battalion. Selain itu pula, aktivitas ini menambah pengalaman bertugas prajurit TNI selaku Peacekeepers serta menambah pengetahuannya akan pohon abadi yang tidak pernah gugur daunnya saat musim salju sekalipun. Kumpulan buah Zaitun yang menjuntai dipanen dengan cara menggunakan sejenis alat seperti garpu besar, sehingga sekali ayunan akan berjatuhan banyak buah Zaitun, dimana sebelumnya telah digelar terpal untuk menadah buah-buah Zaitun yang berjatuhan.

Tangkai Zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan Zaitun menjadi lambang perdamaian dan telah ditanam sejak ratusan tahun yang lalu untuk diambil buahnya yang sedap.

(Perwira Penerangan Konga XXIII-D/Unifil /Dispenad)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog