Rabu, 13 Oktober 2010

Pengamanan Pengungsi Wasior Tanggung Jawab TNI

Selasa, 12 Oktober 2010 | 19:32 WIB JERRY OMONA

TEMPO Interaktif, Manokwari - Kepolisian Resor Manokwari menyatakan, pengamanan bagi ribuan pengungsi korban banjir di Manokwari, Papua Barat, dalam beberapa bulan ke depan akan menjadi tanggung jawab TNI.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan jumlah pengungsi yang masuk ke Manokwari hingga hari ini mencapai 6.224 orang. “Dari pertemuan tadi malam sudah disepakati bahwa pengamanan pengungsi dan penanganan korban di Manokwari selanjutnya akan menjadi tanggung jawab Korem 171/PVT Manokwari,” kata Kepala Polres Manokwari Ajun Komisaris Besar Bambang Rizky, Selasa (12/10).

Bambang mengatakan, kepolisian selanjutnya akan membantu TNI dan memberikan bantuan dalam kota apabila diperlukan. “Ini sebenarnya saya tidak bisa bilang, tapi untuk sementara seperti itu, lebih lanjut konfirmasi saja ke Danrem Manokwari,” ujarnya.

Hingga Selasa, pengungsi di Manokwari masih menempati belasan tenda darurat yang dibangun di lapangan Kodim setempat. TNI juga membantu alat transportasi laut untuk mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi Kota Wasior.

Jumlah korban meninggal akibat banjir bandang di Wasior mencapai 148 orang, sementara 123 lainnya dinyatakan hilang. Tiga anggota kepolisian Teluk Wondama yang turut menjadi korban dalam peristiwa itu adalah Bripda I Nyoman Merta Ana, Bripda Gusti Yudi Priyatna dan Bripda I Wayan Sukayasa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog