Jumat, 29 Oktober 2010

KASAD : PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA HARGA MATI

Oleh : Siswari

28-Oct-2010, 15:56:03WIB

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta menegaskan, pembangunan karakter bangsa sudah menjadi harga mati pada masa ini. Perilaku-perilaku menyimpang yang telah membudaya hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir dan karakter pelaku.

Hal ini ditegaskan Kasad ketika membuka seminar pembangunan moral dan karakter bangsa, yang diselenggarakan Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat, di Balai Komando Kopassus Cijantung, Jakarta. Kamis (28/10). " Terkadang, sulit untuk menentukan parameter yang sesuai untuk itu. Terlebih dengan kemajemukan bangsa Indonesia. Di sinilah kita semestinya kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Pancasila ", tambah Kasad.

Menurut Kasad, Pancasila yang telah ditetapkan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia sudah sepantasnya dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia. Begitu pula dalam pelaksanaannya, harus dilaksanakan dengan kesadaran dan kemauan sebagai bangsa Indonesia. Kasad menambahkan, hal ini diperlukan agar seluruh pengambil kebijakan tidak hanya manis dalam konsep-konsep untuk membangun bangsa dan janji-janji manis untuk mencapai tujuan bangsa tetapi juga solusi yang jitu untuk menghadapi permasalahan bangsa.

" Dewasa ini kita menyaksikan adanya kerisauan di sebagian kalangan masyarakat terhadap perilaku manusia Indonesia yang dinilai menyimpang dari akhlak atau karakter mulia. Mereka telah tidak mampu lagi membedakan antara perilaku yang terhormat dan terpuji dengan perbuatan yang hina dan tidak bermartabat, kata Kasad.

Menyikapi kondisi saat ini, menurut Kasad, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam berbagai kesempatan menyatakan perlunya character and nation building, dan agar kondisi masyarakat tidak meluncur Iebih buruk, maka harus segera diupayakan pembangunan kembali karakter bangsa, rebuilding the nation.

Merujuk pada gagasan dan kerisauan yang timbul dalam masyarakat tersebut, TNI Angkatan Darat mencoba menyelenggarakan sebuah seminar tentang "Pembangunan Moral dan Karakter Bangsa", untuk mengupas dan mencari sebuah format tentang bagaimana membangun moral dan karakter bangsa itu diselenggarakan, tegas Kasad.
(Kasubdis Penum Letkol Inf Dedy Agus Purwanto, SH/Dispenad)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog