Selasa, 12 Oktober 2010

Intelejen Memiliki Peran Strategis

Senin, 11/10/2010 - 15:29
JAKARTA, (PRLM).- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Marsetio, M.M meresmikan keberadaan Detasemen Intelijen (Denintel) Koarmabar dalam suatu upacara peresmian di Aula Yos Sudarso Markas Komando Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No 67 Jakarta Pusat, Senin (11/10).

Pangarmabar mengatakan, intelijen sebagai fungsi komando merupakan bagian yang harus selalu dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan dan kebijakan pada level setiap organisasi. Pengetahuan intelijen memberikan gambaran tentang keadaan serta batasan dan peluang pada suatu upaya pencapaian tugas pokok, yang diemban pada fungsi komando untuk dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan sasaran yang telah ditetapkan.

Menurut Pangarmabar, di lingkungan organisasi militer peran dan fungsi intelijen dalam pencapaian tujuan organisasi memiliki peran yang penting dan strategis. Pengetahuan intelijen menjadi salah satu referensi utama pada setiap tahapan penyelenggaraan kegiatan organisasi, mulai tahap perencanaan, formulasi kebijakan, pengambilan keputusan, pemilihan cara bertindak sampai dengan penggunaan dan penggelaran kekuatan militer. Demikian pula peran dan fungsi intelijen di lingkungan TNI AL merupakan kewajiban dan keharusan untuk selalu memberikan informasi dan gambaran tentang situasi dan kondisi terkini dalam rangka pengambilan keputusan bagi kepentingan organisasi dan pencapaian tugas pokok.

Pangarmabar mengharapkan, dengan terbentuknya Denintel Koarmabar ini dapat lebih mempertajam tugas dan fungsi organisasi intelijen, sehingga dampaknya dapat tercapai persamaan persepsi dan tindakan dalam implementasi tugas-tugas di lapangan dan mengikis rasa keragu-raguan yang pada gilirannya akan mampu mendukung tercapainya tugas pokok TNI AL secara keseluruhan.

Hadir pada upacara peresmian tersebut Komandan Guspurlabar, Komandan Guskamlabar, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlantamal) I, II, III dan IV, serta pejabat teras Koarmabar. (Mun/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog