Jumat, 29 Oktober 2010

Komandan Kontingen Garuda Sematkan Medali PBB

Kamis, 28 Oktober 2010 - 16:28 WIB

LEBANON (Pos Kota) – Kolonel Inf Restu Widiyantoro selaku Komandan Kontingen Indonesia didampingi oleh Dansatgas Indo Force Protection Company (FPC) Letkol Inf Fulad menyematkan medali penghargaan United Nation/Medali PBB kepada seluruh prajurit TNI Satgas Indo FHQSU serta Indo FPC yang bertugas di Markas Besar UNIFIL di bawah naungan United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL), bertempat di lapangan Sudirman Camp, Naqoura-Lebanon, Rabu (27/10).

Medali PBB tersebut, disematkan dalam suatu upacara khusus yang dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Kolonel Inf Restu Widiyantoro. Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kapten CHB Hisar Panusunan Silaen yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Perhubungan (Pahub) Indo FPC dan merupakan lulusan Akmil tahun 2001.

Menurut Komandan Kontingen Indonesia, beberapa waktu lalu Force Commander UNIFIL Mayjen Alberto Asarta Cuevas telah menyematkan Medali PBB kepada perwakilan prajurit TNI yang bertugas di Lebanon. Namun, tidak semua prajurit TNI ikut disematkan karena banyak prajurit TNI yang tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian di Lebanon seperti tugas patroli, Observation Post, Penjagaan Gerbang / Pintu Masuk (Main Gate). Oleh karenanya, dilaksanakan upacara khusus untuk menghormati maupun menghargai rekan-rekan prajurit TNI yang belum disematkan Medali PBB.

Dalam upacara yang berlangsung singkat dan khidmat tersebut, dilaksanakan penyematan Medali PBB oleh Irup kepada perwakilan Kontingen Garuda, meliputi Mayor Inf Suharma Zunam (Quarter Master Indo FHQSU), Mayor Adm Syamsu Nurokhman (Kasimin Indo FHQSU), Mayor Laut (KH) Koko Komarudin (Kasilog Indo FHQSU) dan Kapten Chb Hisar Panusunan Silaen (Pahub Indo FPC).

Setelah penyematan terhadap perwakilan, dilanjutkan dengan penyematan kepada seluruh prajurit TNI oleh Dansatgas Indo FPC Letkol Inf Fulad dan Letkol Samosir serta diikuti oleh perwakilan yang sebelumnya disematkan oleh Inspektur Upacara. Usai penyematan medali, dilanjutkan dengan pembacaan sambutan dari Force Commander UNIFIL oleh Irup yang secara garis besar menyampaikan apresiasi UNIFIL kepada seluruh peacekeeper Kontingen Garuda yang telah melaksanakan tugas dengan maksimal sesuai fungsi dan tanggung jawab masing-masing, baik Satgas Indo FHQSU Konga XXVI-B1/UNIFIL, Indo FPC Konga XXVI-B2/UNIFIL, Satgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL, Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/UNIFIL dan Staf di Sektor Timur UNIFIL serta di Markas Besar UNIFIL. Pada kesempatan tersebut, Mayjen Asarta Cuevas menyampaikan secara langsung apresiasi PBB terhadap berbagai kegiatan Kontingen Garuda yang dilakukan secara profesional dan dedikatif dalam tugas pokok operasional peacekeeper.

Sebagai wujud syukur atas penghargaan dan telah disematkannya Medali PBB kepada semua prajurit TNI yang bertugas di Lebanon sebagai peacekeeper, malam harinya bertempat di Sudirman Camp, Satgas Indo FHQSU dan Satgas Indo FPC Konga XXVI-B2 mengadakan acara syukuran yang dipimpin oleh Komandan Kontingen Indonesia sekaligus Dansatgas Indo FHQSU Kolonel Inf Restu Widiyanto didampingi Dansatgas FPC Letkol Inf Fulad. Acara tersebut juga dihadiri oleh Komandan Satgas Polisi Militer dari Tanzania Letkol William Likanganga, Dansatgas 2nd Indo Force Protection Company (2nd Indo FPC) Kompi Mekanis Konga XXIII-C1 Kapten Imam Wicaksana serta para Staff Officer yang bertugas di Markas Besar UNIFIL. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog