Kamis, 28 Oktober 2010

Tiga Batalion Diterjunkan Ikut Latsitardanus

Rabu, 27 Oktober 2010 , 08:48:00

Kasau saat melakukan pengecekan barisan di acara upacara LAKSITARDA yang di gelar di halaman kantor gubernur kalbar dihadiri pula pejabat tinggi TNI AD,AU serta Polri. (FOTO : Didit Setiawan/Equator)

PONTIANAK. Sebanyak tiga batalion dari Akademi Militer dan Akademi Kepolisian mengikuti Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke XXXI 2010. Kegiatan dibuka Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Imam Sufaat mewakili Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (26/10).


Latsitardanus yang diikuti 265 taruna itu merupakan realisasi kurikulum pendidikan integratif taruna akademi TNI dan Akpol tingkat III di akhir tugas pendidikan, sebelum dilantik menjadi perwira oleh Presiden.


“Latihan ini untuk memberikan pembekalan kepada para taruna di akhir tugas pendidikannya sebagai kader pimpinan TNI dan Polri. Tentunya dalam memberikan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Imam Sufaat kepada Equator, kemarin.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dalam sambutan dibacakan Kasau mengatakan, kegiatan ini bertujuan membentuk perwira TNI-Polri yang profesional, yang dilandasi jiwa juang dan semangat integritas, sebagai upaya membangun solidaritas TNI-Polri.

Latsitardanus ini, lanjutnya, untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, dan demi kokoh dan kuatnya kehidupan sosial, budaya, kebersamaan, dan kesatuan dan persatuan nasional. Walau pada 2009 lalu kegiatan ini sempat pindah provinsi. Awalnya direncanakan di Kalbar, namun pengalihannya ke Jawa Barat.

“Bukan karena kesengajaan tapi semata-mata untuk membantu masyarakat Tasikmalaya yang dilanda musibah bencana alam. Kiranya masyarakat Kalbar menerima kehadiran para Taruna Akmil dan Akpol ini dalam karya bhaktinya untuk masyarakat,” harapnya.

TNI/Polri, kata Dia akan selalu berjuang dan bekerja keras bersama rakyat, apa yang ada pada rakyat, karena itu apa yang terbaik untuk rakyat, itulah yang terbaik bagi TNI/Polri. Dengan kebersamaan, dan kepedulian bersama rakyat, TNI/Polri siap membangun Provinsi Kalbar.

Pembukaan Latsitardanus ini diawali dengan upacara militer dengan inspektur upacara, Marsekal TNI Imam Sufaat dan dihadiri Gubernur Kalbar Cornelis, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Moeldoko, para Gubernur Akmil dari masing-masing angkatan, Gubernur Akpol, Kapolda Kalbar Brigjen Pol Sukrawardi Dahlan, Danlanal Pontianak, Kolonel Laut (P) Parno, Danlanud Supadio Kolonel Pnb Imran Baidirus dan Danrem 121/ABW Kolonel Inf Toto Rinanto.

Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar serta bermanfaat bagi para taruna serta masyarakat. Lokasi pelaksanaannya di Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Pontianak, Sambas, Landak, Kubu Raya, dan Kabupaten Sanggau.

“Kita harapkan semuanya berjalan lancar, mengenai pengawasan dilakukan pihak akademis mereka, dan dibantu Pemerintah Daerah setempat,” ujarnya. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog