Jumat, 07 Mei 2010

Pangdam IV : Kesenjangan akar permasalahan munculnya terorisme

By Arif Fajar on 6 Mei 2010
Temanggung– (S0l0 Post). Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Budiman, mengatakan kesenjangan merupakan akar permasalahan munculnya terorisme.

“Permasalahan terorisme berawal dari kesenjangan antara yang kaya dengan miskin atau yang kuat dengan lemah dan yang berada di bawah melakukan perlawanan,” kata Pangdam saat silaturahmi dengan Muspida, tokoh agama, masyarakat, dan pemuda Kabupaten Temanggung di Kodim 0706 Temanggung, Kamis (6/5).

Menurut Pangdam, salah satu upaya pemecahan masalah terorisme adalah menyelesaikan masalah kemiskinan dan kebodohan di masyarakat. Hal ini harus diselesaikan secara bersama-sama.

“Karena terkait dengan masalah kemiskinan dan kebodohan maka penyelesaian terorisme berada pada kepala daerah, sedangkan TNI dan Polri sebagai penindakannya,” katanya.

Untuk itu, katanya, kepala daerah terus berusaha menyejahterakan masyarakat dan anggaran pendidikan ditingkatkan hingga 20 persen lebih dari nilai APBD.

“Jika masyarakat sejahtera maka tidak mudah diiming-imingi sehingga tidak akan berbuat di luar norma masuk jaringan terorisme,” katanya. Pangdam mengatakan permasalahan terorisme harus diselesaikan bersama-sama, tidak hanya satu kelompok. “Semua kalangan, baik tokoh masyarakat, TNI, dan Polri harus memberantas terorisme,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog