Kamis, 13 Mei 2010

Situasi Kondusif, Aceh Akan Dilirik Investor


Wed, May 12th 2010, 10:41
Pangdam IM Mayjen TNI Hambali Hanafiah, menerima cendara mata dari Bupati Aceh Singkil Makmursyah Putra, saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh Singkil, Senin (10/5).SERAMBI/DEDE ROSADI

SINGKIL - Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hambali Hanafiah, meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Aceh yang telah cukup kondusif ini. Sebab, jika kondisi aman terpelihara, maka para investor akan datang untuk menanamkan modalnya di daerah ini.

Hal itu dikatakan Mayjen TNI Hambali Hanafiah, saat berkunjung ke Subulussalam dan Aceh Singkil, Senin (10/5). Menurut Pandam, pascapenandatangan MoU Helsinki lima tahun lalu, situasi kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terus membaik. Situasi ini harus terus dijaga dan dipertahankan oleh semua pihak, agar investor mau masuk dan menanamkan modalnya di Aceh tanpa khawatir gangguan masalah keamanan.

Di tengah situasi Kamtibmas yang semakin membaik, menurutnya, beberapa pelanggaran Kamtibmas juga masih terjadi dalam skala kecil terutama di wilayah Pantai Timur Aceh. Hal ini harus segera diatasi, sebab kalau tidak aman maka, investor akan mengurungkan niatnya berinvestasi. Sebelumnya Bupati Aceh Singkil, Makmursyah Putra mengatakan, daerahnya memiliki penduduk heterogen, tersebar dalam sebelas kecamatan yang memiliki berbagai potensi, perkebunan, laut dan pertanian. Akan tetapi ada beberapa faktor yang saat ini harus segera diatasi, agar cita-cita mensejahtrakan rakyat dapat tercapai, seperti rencana pembukaan jalan penghubung Kuala Baru-Trumon, Aceh Selatan.

Menurut bupati, kalau akses jalan tersebut telah terbuka, peningkatan ekonomi masyarakat akan cepat tercapai, karenanya Pangdam diminta mendukung pembangunan jalan dimaksud. Selanjutnya masalah pengalihan administratif kelautan Singkil yang dulunya masih dalam kawasan Danlanal Sabang, selama dua tahun ini sudah menjadi wilayah hukum Danlanal Sibolga. Bupati minta dukungan Pangdam agar wilayah laut Singkil kembali ke Danlanal Sabang guna memudahkan koordinasi. Terkait hal itu Pangdam IM berjanji akan membicarakannya dengan para pihak terkait.(c39/kh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog