Jumat, 14 Mei 2010

Ancaman Perang Dalam Kota

Kamis, 13 Mei 2010 , 09:17:00
Kodim Gelar Latihan Perang
MEMPAWAH--Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar strategi perang di wilayah kota. Sedikitnya 500 personil dilibatkan dalam latihan perang yang dilaksanakan di markas Kodim 1201 Mempawah tersebut. Latihan berlangsung lima hari. Selain mengantisipasi gangguan keamanan, latihan perang ini merupakan salah satu tuntutan dan kewajiban seluruh anggota TNI dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya selaku abdi masyarakat dan negara. “Mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan,” jelas Letnan Kolonel Inf Parlindungan Sirait, Dandim 1201 MPH.

Latihan perang kota yang dilaksanakan, jelaskan Dandim, merupakan instruksi dari Mabes TNI untuk mengasah kemampuan dan naluri bertempur prajurit yang bertugas di komando kewilayahan seperti Kodim. Sehingga, naluri bertempur dan berperang tetap melekat dalam diri setiap prajurit TNI. “Meskipun ditugaskan di komando kewilayahan, prajurit TNI wajib memiliki naluri bertempur dan berperang yang tinggi. Jadi, disela-sela kesibukan operasi militer selain perang, kita tetap melakukan latihan kemiliteran,” jelasnya. Karena, latihan yang dilaksanakan berkaitan dengan Operasi militer untuk perang yang mungkin saja terjadi setiap saat.

Menurut Dandim, tiap prajurit telah ditanamkan dengan berbagai ilmu dan strategi peperangan. Namun, selama ini lebih banyak difokuskan pada medan-medan keras saja. Terutama pada , daerah pergunungan, hutan dan lainnya. Latihan perang dalam kota melatih prajurit untuk siap bertempur disegala medan. Ada beberapa strategi dalam bertempur di tengah-tengah wilayah kota. Meliputi, strategi penyergapan musuh yang berlindung pada bangunan-bangunan perkotaan. Dan strategi membebaskan wilayah kota dari kekuasaan musuh yang melakukan penyerangan.

"Ancaman peperangan di wilayah kota sangat mungkin terjadi. Terutama ancaman teroris di tengah-tengah masyarakat maupun gangguan keamanan lainnya yang memanfaatkan daerah perkotaan,” sebutnya. Beberapa adegan strategi dipertunjukan para prajurit TNI Kodim 1201 Mempawah dalam gelar latihan meliputi adegan penyergapan terhadap musuh yang bersembunyi di bangunan. (ham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog