Jumat, 14 Mei 2010

Moeldoko Jabat Pangdam XII/Tanjung Pura

Kamis, 13 Mei 2010 , 08:29:00
PONTIANAK--Kodam XII/Tanjungpura resmi berkedudukan di Pontianak pada bulan Juni mendatang. Peresmian Kodam nanti akan ditandai dengan upacara militer dan gelar pasukan dalam jumlah besar. “Pekan pertama, kedua, atau terakhir kita belum tahu. Tapi yang pastinya bulan Juni,” kata Danrem 121/ABW Kolonel Inf Toto Rinanto Sudjiman didampingi Kapenrem Kapten Kav Henry Napitupulu, Rabu (12/5). Menurut Danrem, Panglima Kodam XII /Tanjungpura adalah Mayjen TNI Moeldoko. Kini ia masih menjabat sebagai Panglima Divisi I Infantri Kostrad yang bermarkas di Cilodong Depok, Jawa Barat.

Moeldoko sebelumnya menjabat sebagai Kasdam Jaya/Jayakarta mulai tahun 2008. Lulusan Akabri Tahun 1981 ini selama kariernya pernah bertugas di beberapa satuan dengan jabatan yang cukup strategis seperti Wadan Yonif 202/Tajimalela, Danyonif 201/Jaya Yudha, Dandim 0501 BS/Jakarta Pusat, Sespri Wakasad, Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad, Dan Brigif-1 Pengamanan Ibu Kota, Asops Kasdam VI/TPR, Dirbindiklat Pussenif, Danrindam VI/TPR, Danrem 141/TP Dam VII/WRB, Pa Ahli Kasad Bidang Ekonomi dan Dirdok Kodiklat TNI AD. Moeldoko dilahirkan di Kediri pada tanggal 8 Juli 1957 dengan pendidikan umum Strata 3 (S-3). Sedangkan pendidikan militer dimulai dari Akabri, Susarcab, Suslapa Inf, Seskoad, Sesko TNI, Susdanrem, Susstrat Perang Semesta dan Lemhanas RI. Mempunyai seorang istri bernama Koesni Harningsih, SE dan telah dikaruniai dua anak.

Pangalaman tugas luar negeri antara lain Selandia Baru, Jepang, Singapura, Irak dan Australia dan tanda jasa yang dimiliki adalah SL Kesetiaan VIII, XVI, Santi Dharma, Seroja. Tanda Jasa dari PBB dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.Dijelaskan Danrem, Panglima Kodam nantinya akan didampingi Kasdam. Telah ada perwira tinggi TNI yang akan menduduki jabatan Kasdam. Ia adalah putra almarhum Alianyang, pahlawan Kalimantan Barat, yakni Brigjen Armin Alianyang. Kini dia masih menjabat Waasrena KASAD. Danrem menambahkah dengan resminya terbentuk Kodam nanti, maka kedudukan Makorem 121/ABW akan berpindah ke Sintang. Proses perpindahan sudah dilakukan secara bertahap. “Sudah tujuh puluh persen material kekuatan Korem pindah ke Sintang,” ungkap Toto.

Markas Korem 121/ABW akan menempati Markas Kodim Sintang. Sedang Kodim akan menempati markas Koramil Kota Sintang. Meski berkedudukan di Sintang, lanjut Danrem, nanti dirinya tetap berkoordinasi dengan Muspida Provinsi Kalbar. Selain karena Danrem menjadi bagian Muspida, menurutnya, lingkup Pangdam berbeda. Sebab cakupannnya lebih luas. Meskipun Kodam berkedudukan di Pontianak. Dijelaskan Toto, Kodam XII/Tangjungpura membawahi teritorial dua provinsi, yaitu Kalimantan Barat dan Tengah dengan kedudukan di Pontianak. Danrem menambahkan Kodam akan menempati gedung eks Makorem 121/ABW. “Itu sudah menjadi pertimbangan pimpinan TNI,” lanjutnya. Menanggapi rencana kedudukan Kodam di Tebang Kacang, Danrem menyampaikan sarana dan prasarana belum tersedia. Kembali dia menegaskan bahwa pertimbangan pimpinan AD, Kodam untuk menempati Markas Korem 121/ABW yang akan ditinggal pindah ke Sintang. “Tebang Kacang belum saatnya,” kata Danrem yang murah senyum ini.(stm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog