Sabtu, 08 Mei 2010

Latihan SAR di Belawan Lantamal Gelar Operasi Gurita

Belawan, (Analisa)
Guna meningkatkan keamanan di Perairan Selat Malaka, Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) I menggelar operasi gurita dengan meningkatkan patroli di laut. Demikian dikatakan Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI, Syarif Husin, Kamis (6/5) di makonya di Belawan, saat digelar pelatihan SAR. Ia menambahkan, Lantamal I senantiasa melakukan operasi di laut.

Operasi itu untuk mencegah illegal entry (masuknya warga negara asing secara ilegal), illegal fishing (pencurian ikan di perairan Indonesia), narkoba dan penyeludupan serta perompakan. Pada operasi itu, Lantamal I mengerahkan armadanya yaitu KRI Ahmad Yani yang saat ini berlayar dari Lanal Sibolga menuju lanal-lanal lainnya di bawah jajaran Lantamal I. Kegiatan itu terus dilakukan untuk mencipatakan keamanan di laut, tandas Danlantamal I. Semantara itu, Kepala Kantor SAR Medan, Hadi Tugiman menambahkan, pelatihan dasar SAR itu bekerja-sama dengan Lantamal I. Kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan bekal kepada pegawai SAR Medan.

Selama ini, pihaknya rutin melakukan pelatihan SAR. Pihaknya selalu siap menangani musibah pelayaran, penerbangan dan bencana alam lainnya di wilayah Sumut, jelas Hadi Tugiman. Selain itu, pihaknya juga turut membantu penyelamatan korban gempa di Haity, NAD, Yogja dan Padang. Saat ini, Kantor SAR Medan terus memantau Pulau Samosir yang rawan banjir dan Tanjung Balai Asahan yang rawan musibah pelayaran. (iqb/zl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog