Sabtu, 08 Mei 2010

MENHAN LAKUKAN LAWATAN KE SINGAPURA

Jakarta, 7/5/2010 (Kominfo-Newsroom) – Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro melakukan kunjungan kehormatan ke Singapura selama dua hari (6-7 Mei 2010). Kunjungan itu dalam rangka mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama RI-Singapura di bidang pertahanan.

Menurut Kepala Biro Humas Kemenhan RI Brigjen TNI I Wayan Medio di Jakarta, Jumat (6/5), di Singapura Menhan melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil PM Singapura Shanmugam Jayakumar, PM Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Singapura SR Nathan.
Turut mendampingi Menhan antara lain Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Syarifudin Tippe, Staf Ahli Menhan Bidang Indtek Prof Dr Ir Eddy Sumarno Siradj, Dirkersin Ditjen Stahan Kemhan Brigjen TNI (Mar) Ir Syaiful Anwar, dan Athan RI di Singapura.

Pada hari Kamis (6/5) sebelumnya Menhan RI melakukan kunjungan dan peninjauan ke Singapore Technologies Kinetics (ST Kinetics). ST Kinetics adalah perusahaan terkemuka di Asia yang memproduksi kendaraan khusus untuk pertahanan. Menhan juga meninjau Pangkalan Udara Singapura di Paya Lebar.

Hubungan pertahanan antara RI dan Singapura telah dirintis sejak lama melalui kunjungan para pejabat, pertukaran siswa, pendidikan dan latihan, operasi oleh ketiga angkatan, namun saat ini kedua negara belum memiliki MoU sebagai payung dalam bidang pertahanan. Melalui kunjungan ini diharapkan kerja sama pertahanan yang terjalin antara kedua negara dapat ditingkatkan.

Dijelaskan bahwa kerja sama bidang pertahanan yang perlu ditingkatkan adalah patroli maritim bersama keamanan di perbatasan kedua negara, patroli terkoordinasi khususnya di Selat Malaka, baik patroli laut maupun udara, serta kerja sama bidang pendidikan antara angkatan bersenjata kedua negara. (Yr/ysoel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog