Kamis, 06 Mei 2010

Sutjipto Mundur, Menpora pilih Tono

Jakarta, Jawa Post – Kemenpora menepati janjinya untuk mengumumkan struktur lengkap Program Indonesia Emas (Prima) dalam pecan ini. Disampaikan langsung oleh Menpora Andi Alifian mallarangeng, kemarin dijelaskan personel-personel yang akan mengisi dewan pelaksana dan satuan pelaksana Prima.

Dalam pengumuman, terjadi beberapa kejutan. Tono suratman yang pernah disebut Andi akan menjadi wakil ketua dewan pelaksana ternyata digeser ke posisi ketua satuan pelaksanautama dan muda. Dengan jabatan itu, dia memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pemusatan latihan bagi atlet level utama dan muda. Sementara itu, posisi ketua satuan pelaksanan pratama diberikan kepada Djoko Pramono.

Selain pergeseran Tono, kejutan lain terkait dengan tidak masuknya nama Achmad Sutjipto dalam pergeseran Prima. Sebab, mantan ketua Program atlet Andalan (PAL) itu pernah disebut Andi akan mengisi posisi ketua satuan pelaksana. Dia sempat mendapatkan saingan dari Hendardji Soepandji yang dijagokan KONI.

“Masuknya nama Pak Tono merupakan usul dari Pak Tjipto (Ahcmad sutjipto, Red). Beliau tidak bersedia menjadi ketua satuan pelaksana,” jelas andi tanpa menyebut alas an Sutjipto menolak menjadi ketua satuan pelaksana.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Tjipto, lanjut Andi, dirinya langsung menghubungi Tono. Gayung bersambut, Tono pun bersedia. Selanjutnya, Tono bisa menjadi ketua satuan pelaksana Prima setelah mendapatkan dukungan dari Panglima TNI. Hal itu perlu ada karena Tono merupakan anggota TNI berpangkat mayor jenderal.

Secara teknis, Andi menyebut sosok Tono tidak kalah mumpuni dari Tjipto dalam pembinaan olah raga. Karena itu, dia tidak ragu untuk memberikan jabatan yang mewajibkan dirinya menjadi operator prima. “Pak Tono semala ini menjadi ketua PB Ikasi (anggar). Selain itu, dia sangat memahami olah raga,” ungkapnya.

Finalisasi susunan pengurus dewan pelaksana dan satuan pelaksana Prima itu disambut positif ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo. Dengan demikian, gerak Prima ke depan bisa semakin lancer. Salah satunya adalah melanjutjkan program high performeance yang sebelumnya diterapkan PAL.

Siapa saja sosok yang akan duduk dalam struktur Prima? Semala ini, hal tersebut masih menjadi pertanyaan. Sebab, sejak perpres Prima diterbitkan pada 27 Maret lalu, baru kemarin mereka umumkan. Kendati demikian, Rita membantah ada kevakuman dalam persiapan menyongsong Asia games. XVI/2010.

Sebelumnya, pelatnas ditargetkan berlangsung pada 1 Februari, lalu diundur sampai 15 Maret. Kenyataannya, sampai bulan ini, tak semua cabang olah raga (Cabor) proyeksi Asian Games efektif menjalankan persiapan. “Tidak ada kevakuman. Selama ini, Pak Hendardji sudah menjalankan tugas untuk menyiapkan atlet dan memantau perkembangannya,” ujarnya.

Hendardji sebelumnya memang menjalankan semacam satuan pelaksana sementara yang dipimpin sendiri. Dengan adanya pengumuman resmi kemarin, otomatis satuan pelaksana sementara tersebut juga tergantikan.

Tono langsung berjanji melakukan langkah-langkah strategis dalam waktu dekat ini. “Kita tidak memiliki banyak waktu. Saya segera kumpulkan semua induk organisasi olah raga yang diturunkan ke asian Games untuk memaparkan program dan anggaran mereka,” katanya.

Untuk membantu tugasnya, jenderal bintang dua yang masuk masa purnawirawan mulai Desember itu menyatakan akan mencari tambahan personel maksimal lima orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog