Minggu, 02 Mei 2010

Unifil Inspeksi Logistik POM TNI

LEBANON (Pos Kota) - Tim Inspeksi Cadangan Logistik Strategis UNIFIL (United Nations Interim at Lebanon) memeriksa kesiapan cadangan logistik strategis Satgas POM TNI Konga XXV-B, pada hari Jumat 30 April 2010.

Rombongan Tim Inspeksi yang didampingi Perwira Staff Logistik Sektor Timur UNIFIL – Mayor Inf Ibnu Hudaya, terdiri dari Mayor Vinay Ahuja (Indian Army), Mayor Pnb Zakky S., dan Mr. Naji Wakim. Sementara, dari pihak Satgas POM TNI, yaitu Perwira Staff Logistik – Mayor CPM Johny Paul JP dan Lettu Chk Irvanof Hutagalung.

Inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan logistik strategis yang terdiri dari : Pertama, dukungan Fuel (BBM) untuk operasional Satgas baik dalam situasi status hijau, kuning, merah, maupun hitam (keadaan gawat darurat).

Tim inspeksi juga memeriksa prosedur pengamanan lokasi tempat pengisian BBM. Ada satu masukan yang diberikan oleh tim inspeksi yaitu penambahan ”T” WALL di beberapa tempat yang rawan agar terlindung dari kemungkinan serangan senjata berat yang tidak terduga dari elemen bersenjata.

Kedua, pengecekan cadangan air minum mineral yang hanya diperuntukan bagi personel UNIFIL untuk keadaan perang atau gawat darurat juga dilaksanakan, khususnya yang ada di dalam shelter perlindungan dan kontainer. Air mineral yang ada di shelter hanya untuk kebutuhan selama tiga hari, sedangkan di dalam kontainer untuk kebutuhan selama 11 hari.

Ketiga, kesiapan Ration (Makanan) untuk keadaan darurat juga diperiksa. Cadangan makanan ini disiapkan untuk operasional 7 hari. Seluruh sistem administrasi stok makanan tercatat dengan baik serta system “First in First out” (Konsumsi sesuai dengan urutan masuknya suplai logistik) telah diterapkan sesuai dengan standar UNIFIL.

Pelaksanaan inspeksi berjalan dengan baik sesuai rencana. Tim inspeksi UNIFIL memberikan apresiasi atas kesiapan Satgas dalam pelaksanaan penanganan Cadangan Logistik Strategis. Mengakhiri kegiatan, Tim Inspeksi UNIFIL dan Satgas menikmati makan siang bersama dengan hidangan khas tanah air “Rendang”.(Puspen TNI/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog