Jumat, 20 Agustus 2010

TNI Siap Hadapi Ancaman Militer Dari Mana Pun

Kamis, 19 Agustus 2010 - 15:49 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Melihat perkembangan lingkungan internasional dan regional, musuh terberat dewasa ini adalah ancaman melalui bidang sosial dan budaya. Ancaman berupa invasi atau serangan militer akan dengan mudah dikenali dan TNI senantiasa siap menghadapi ancaman tersebut.

TNI sebagai garda terdepan bangsa dan benteng terakhir Indonesia, selalu siap dalam menghadapi ancaman militer dari manapun datangnya. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso ketika memberikan pengarahan kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2010, di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (19/8/2010).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, ancaman melalui nilai-nilai sosial dan budaya lebih sulit dikenali dan sasarannya adalah remaja serta generasi muda yang merupakan tulang punggung bangsa dan negara. Remaja atau generasi muda pada umumnya akan dijadikan sebagai sasaran utama, karena nilai strategis remaja bagi masa depan suatu bangsa dan negara. Panglima TNI menekankan pada generasi muda untuk menghindari narkoba, pergaulan bebas, dan bentuk-bentuk budaya asing lainnya, yang lebih besar mudharatnya daripada manfaatnya.

Dalam setiap etape perjuangan dan episode sejarah nasional, generasi muda selalu memposisikan diri sebagai komponen inti sekaligus motor penggerak dalam setiap perubahan. Tonggak sejarah nasional pertama adalah Boedi Oetomo yang merancang dan menggerakkan pemuda untuk mendeklarasikan nasionalisme. Tonggak-tonggak sejarah nasional, mulai dari kebangkitan nasional atau gerakan Budi Utomo Tahun 1908, Sumpah Pemuda Tahun 1928 sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus Tahun 1945, semuanya dimotori dan diawali oleh generasi muda.

Pengalaman menjadi Paskibraka akan memperkukuh kepribadian di atas landasan semangat nasionalisme dan kebangsaan Indonesia. Dengan semangat nasionalisme akan tumbuh generasi muda penerus bangsa yang memiliki jatidiri dan karakter bangsa Indonesia kedepan yang disiplin, ulet, tabah, pantang menyerah, setiakawan dan bertanggung jawab kepada masa depan bangsa dan negara.

Kunjungan kehormatan rombongan anggota Paskibraka ke Mabes TNI berjumlah 66 orang, perwakilan dari 33 Propinsi dipimpin oleh Erlangga, Staf Menpora. Acara diakhiri foto bersama dengan Panglima TNI yang didampingi oleh segenap pejabat Mabes TNI.
(puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog