Jumat, 20 Agustus 2010

Panglima TNI Resmikan Markas Latihan Gabungan di Kutai Timur

Kamis, 19 Agustus 2010 | 20:42 WIB

TEMPO Interaktif, Samarinda - Panglima TNI Jendral Djoko Susanto akan meresmikan Markas Komando (Mako) Latihan Gabungan di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Jumat (20/8). Peresmian ini merupakan rangkaian kunjungan Djoko Susanto ke Kalimantan Timur mewakili pemerintah RI melakukan silaturahmi Ramadhan.

"Luasan lahan yang akan digunakan latgab 2.600 hektare, di Desa Sekerat pinggir Pantai Kutim," kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman, Letnan Kolonel Infanteri Suwarjiyana di Samarinda, Kamis (19/8).

Panglima TNI tiba di Samarinda Kamis sore beserta rombongan dan disambut Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak. Djoko Susanto berbuka puasa bersama di rumah jabatan Gubernur, Lamin Etam.

Selanjutnya Panglima TNI melaksanakan salat berjamaah Magrib dan Isya di Lamin Etam."Saya kebetulan mendapatkan silaturahmi Ramadhan di Kalimantan Timur mewakili pemerintah pusat melalui Depkominfo," kata Djoko Susanto dalam sambutannya.

Dari Samarinda, Djoko akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kutai Timur besok dengan helikopter dari Bandara Temindung Samarinda sekitar pukul 07.00 WITA. "Status lahan itu masih milik Pemda, TNI hanya menggunakan lahan saja," kata Suwarjiyana.

Ia mengungkapkan Markas ini selanjutnya akan dijaga anggota TNI dalam jumlah yang tidak besar. "Hanya piket saja untuk berjaga-jaga di lokasi tersebut," ujarnya. Meski nantinya telah menjadi kawasan latihan tidak tertutup bagi masyarakt untuk berkebun atau memanfaatkan hasil hutan di dalam kawasan tersebut.

Kawasan itu sebelumnya pernah dijadikan lokasi Latgab TNI tahun 2008 lalu. Latihan diikuti oleh pasukan dari TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara. "Lahan yang akan dijadikan Latgab itu sudah termasuk jarak aman bagi pemukiman. Kalau tidak kan latihan itu pakai peluru tajam khawatirnya kan peluru nyasar," ujarnya.
FIRMAN HIDAYAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog