Rabu, 17 Februari 2010

Pangdam IX/Udayana Resmikan SD VII Kepaon

Denpasar- Fajar Bali
Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan, Senin (15/2) kemarin meresmikan penggunaan gedung Sekolah dasar VII-3, Kepaon. SD VII-3 tersebut merupakan kreatifitas dan tanggung jawab dari pihak Yayasan Kartika Jaya terhadap dunia pendidikan anak usia dini.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, patut berbangga dengan komitmen ibu-ibu istri prajurit Kodam IX yang tergabung dalam Yayasan katika Jaya yang dengan keterbatasan tetapi mampu memberikan sesuatu bagi generasi muda sejak usia dini. Pendidikan kata Pangdam, memiliki peranan penting untuk membentuk manusia Indonesia secara utuh, tidak hanya kepribadiannya tetapi juga kecerdasan.

Namun demikian, Pangdam menekankan bahwa pendidikan yang paling utama adalah di lingkungan keluarga. ”Keluarga adalah pilar utama untuk membentuk kepribadian manusia Indonesia. Sekolah adalah penunjang di bidang pengetahuan. Untuk itu, pendidikan dalam keluarga sangat diperlukan dalam tumbuh kembang seorang anak,” jelas Pangdam.

Pangdam berharap, dengan diresmikan sekolah tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga menghasilkan generasi-generasi muda yang berkualitas. ”Sekarang ini saya melihat anak-anak SD, SMP sudah mengalami deviasi. Semangat nasionalisme dalam diri generasi muda mulai luntur. Anak SD dan SMP sekarang menggandrungi musik atau lagu-lagu masa kini. Lagu-lagu kebangsaan mulai ditinggalkan. Ini perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak sehingga tidak berdampak pada mentalitas generasi muda di kemudian hari, ” ujar Pangdam.

Usai memberikan sambutan, Pangdam yang didampingi istri lantas meresmikan gedung sekolah tersebut yang ditandai dengan pembukaan papan nama sekolah dan pemotongan pita. Pangdam juga menyempatkan diri meninjau perabot dan perangkat ruang kelas. ”Jadi di lingkungan Kepaon sekarang sudah ada TK, SD dan SMP yang didirikan oleh Yayasan Kartika Jaya. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi anak-anak prajurit yang selama ini kalau mau sekolah ke SD atau SMP harus keluar jauh. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan secara baik,” jelas Pangdam disela-sela acara. Acara peresmian yang dihadiri Kepala Staf Kodam, serta jajaran petinggi Kodam IX/Udayana ini juga diisi oleh pagelaran budaya dari murid-murid TK Kepaon. W-033

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog