Kamis, 11 Februari 2010

Obama Juga Akan Datangi Borobudur dan Prambanan

Kunjungan Presiden AS Terlama dalam Sejarah Indonesia
JAKARTA, NusaBaii
Presiden Amerika Serikat, Barack Husein Obama, direncanakan juga mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa Tengah. Kunjungan itu akan dilakukan pada kunjungan kenegaraan Maret mendatang. "Namun masih perlu dikonfirmasi," kata Kapolda DI Jogjakarta, Brigjen Sunaryono, di sela-sela Rapat Pimpinan (Rapim) Polri, di Perguruan Tinggi llmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Rabu (10/2).

Untuk pengamanan kedatangan Obama, polri melakukan rapat koordinasi usai Rapat Pimpinan Polri. ''Usai rapim seluruh Kapolda di Jawa, akan rapat untuk membahas kedatangan presiden Obama," kata dia.
_
Terkait kedatangan, pengawal Obama, Secret Service (SS) telah rnelakukan survei ke tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh Obama. SS juga telah melakukan koordinasi dengan Polri. Obama direncanakan datang ke Indonesia pada Maret mendatang. Selain membahas masalah bilateral Indonesia-AS, Obama juga akan mengunjungi beberapa tempat di Indonesia. Di Jakarta, Obama dijadwalkan mengunjungi bekas sekolahnya SDN 1 Menteng, Jakarta Pusat.
Juru bicara Presiden Dino Patti Djalal mengatakan, pasukan pengaman Obama, Secret Service, telah berkoordinasi dengan pihak keamanan Indonesia. Ditambahkan Dino, Indonesia sebagai tuan rumah akan rnemberikan pengamanan terbaik agar kunjungan Obama Maret rnendatang bisa berhasil "Mereka sudah rnelakukan koordinasi dengan Paspampres, dengan polisi dan pihak-pihak TNI kita. Tentu persiapan pengamanannya akan sesuai dengan standar mereka," katanya di lingkungan Istana Negara Rabu (10/2) dilansir vivanews. Sayangnya Dino belurn mau membocorkan agenda Obama yang sudah matang. Dia mengatakan saat ini agenda masih dalam tahap perencanaan. Dino mengatakan kunjungan Obama ke Indonesia merupakan kujungan presiden AS terlama ke Indonesia. Sebelumnya kunjungan presiden AS hanya beberapa jam dan rnenginap sebentar, namun kujungan Obarna tak hanya hubungan bilateral namun juga membawa sentimental sendiri. "Dia membawa keluarganya agar keluarganya melihat .apa yang dia alami waktu-waktu tinggal dl Indonesia," katanya.
Dino bercerita, ketika menerima kunjungan Panglima Armada AS dari kawasan pasifik US Pasific Command Laksamana Robert S WIlliard kemarin pagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia siap menanti kunjungan Obama "Dan sebagai tuan rumah yang baik kita berupaya untuk tidak hanya menjadi kunjungan yang sukses tetapi juga historis," ucap Dino menirukan perkataan Yudhoyono. Sementara Roberts S Williard rnengatakan tim advance dari Gedung Putih telah datang dan mengunjungi beberapa tempat untuk merencanakan kedatangan Obama
Tim advance itu juga telah berdiskusi dengan Menteri Pertahanan dan TNI. Mereka telah berdiskusi dan memberikan komitrnennya atas keamanan Obama. "Kita akan bekerjasama dengan TNI dan pemerintah untuk me mastikan keamanan dalam kedatangan presiden Obama," kata dia seusai bertemu dengan SBY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog