Minggu, 07 Maret 2010

Kodam I/BB siap amankan Sumbagut

Saturday, 06 March 2010 23:07
WASPADA ONLINE
MEDAN – Belum genap sebulan menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Noer Muis banyak melakukan kunjungan kerja ke kesatuan kewilayahan di jajarn Kodam I/BB, seperti ke Batalyon 100 Raider Namu Sirasira, kemudian ke Batalyon Zipur I/DD dan Batalyon Kavaleri 6/Serbu.

Noer mengatakan, bahwa dalam rangka melakukan pengamanan untuk mengantisipasi situasi yang tidak memungkinkan di jajaran wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), pasca unjuk rasa soal kasus Bank Century, Kodam I/BB, TNI AU, AL, POLRI dan elemen masyarakat lainnya siap untuk mengamankan wilayah Sumbagut.

”Kodam dalam hal ini telah mempersiapkan personelnya di beberapa wilayah untuk membantu aparat kepolisian. Seluruh personel jajaran Kodam I/BB telah dipersiapkan di kesatuannya masing-masing untuk mengantisipsai dari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya, kepada Waspada Online, tadi sore. Ia mengatakan, bahwa personel yang dipersiapkan oleh Kodam I/BB untuk mem-back up kesiapan pengamanan yang telah dilakukan oleh Polri khusus di jajaran Sumatera Utara.

Selain itu, katanya, bahwa personel yang telah disiagakan tersebut, tidak seluruhnya siaga satu. Jumlah pengamanan yang diturunkan oleh Kodam I/BB untuk kota Medan berjumlah lebih kurang satu batalyon. engamanan yang diturunkan oleh Kodam I/BB, lanjutnya, bukan hanya di kota Medan saja akan tetapi di daerah-daerah jajaran Kodam I/BB juga disiagakan. Sedangkan untuk perkotaan khususnya Kota Medan Kodam I/BB hanya bersifat membantu atau memback up dari kepolisian setempat.

Sementara itu, lanjutnya, pengamanan yang telah disiagakan oleh Kodam I/BB bukan hanya personel pasukan akan tetapi personel intelijen juga telah diturunkan untuk memantau situasi keamanan di wilayahn Kodam/BB. Pangdam I/BB juga menyampaikan,” bahwa pengamanan yang dilakukannya tersebut pengamanan melekat secara otomatis untuk wilayah Sumbagut. Dukungan dalam pengamanan yang dilakukan Kodam I/BB ini merupakan pengamanan terpadu yang dilakukan personel jajaran Kodam I/BB. Pengamanan tersebut bukan hanya dilakukan di wilayah Kodam I/BB saja akan tetapi seluruh jajaran Kodam se Indonesia juga dilakukan pengamanan.Namun hanya daerah-daerah tertentu saja yang diberlakukan Siaga I seperti Jakarta,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog