Jumat, 05 Maret 2010

KSAD Buka Kejurnas Judo di Akmil

04 Maret 2010 23:08 wib
Magelang. (Suara merdeka). Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal George Toisutta membuka Kejurnas Judo yunior dan senior Kartika Cup III di Gor Soeroto Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (4/3). Kejurnas ini diikuti 511 atlet dari 26 provinsi.

Sedianya, Kejurnas akan dibuka secara langsung oleh Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Dr Andi Alfian Mallarangeng. Namun karena menteri berhalangan, Jenderal George Toisutta yang kebetulan menjabat sebagai Ketua PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) yang membukanya.

"Kami berharap kejurnas ini akan menjadi jembatan bagi cabang olah raga judo untuk membina dan meningkatkan performa dan prestasi di tingkat internasional," kata Menegpora Dr Andi Alfian Mallarangeng dalam sambutannya seperti dibacakan Jenderal George Toisutta.

Dijelaskan, kejurnas itu merupakan seleksi untuk Pelatnas SEA Games ke-26 tahun 2011 mendatang. Judo diharapkan menjadi cabang olah raga yang mampu menyumbangkan prestasi se setiap event kejuaaran dunia. "Ke depan kami menargetkan judo mampu menciptakan tradisi baru dengan meraih prestasi maksimal demi mengharumkan nama bangsa. Karena itu mari kita dukung bersama pembinaan olah raga judo demi meraih kejayaan di pentas dunia," kata menegpora. Menurut ketua panitia Gatot Nurmantyo kejurnas itu juga bertujuan untuk meningkatkan teknik, fisik, serta mental para pejudo Indonesia. Peningkatan pemahaman melalui pendekatan edukatif dinilai penting untuk meraih prestasi tinggi.

Gatot berharap kejurnas ini akan mampu melahirkan kader-kader baru yang siap menggantikan atlet senior untuk menghadapi ajang nasional maupun internasional. "Ajang ini juga menjadi tolok ukur perkembangan kejuaraan judo tingkat nasional," kata dia.

Rencananya, pertandingan itu akan digelar mulai 4 April sampai 7 maret lusa. Pembukaan kejurnas berlangsung semarak dengan penampilan personil Akmil yang membawakan tari Gendang Rampak. Sejumlah penonton tampak bersorak saat mereka menabuh gendang sambil menyanyikan lagu Indonesia di Dadaku. Mengenai pemilihan lokasi kejurnas, Jenderal George Toisutta mengatakan bahwa Magelang pernah melahirkan sejumlah atlet besar pada masa lalu. Karena itu, PB PJSI berharap hal ini akan terulang pada masa mendatang. "Kami ingin Magelang mampu melahirkan atlet besar lagi," harap dia.

PB PJSI menjanjikan atlet yang mampu meraih prestasi dalam kejuaraan ini akan diberi kemudahan untuk naik tingkat. Hal itu akan diberikan kepada mereka yang mampu menjadi juara 1, 2 dan 3. "Judo adalah olah raga yang terhormat, mari kita junjung tinggi sportifitas dan meraih prestasi maksimal," tegas Jenderal George Toisutta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog